Takut Jatuh Cinta, Bukan Berarti Perempuan Sok Jual Mahal

Cinta adalah perasaan yang tak bisa ditebak kapan datangnya, kepada siapa ia berlabuh dan bagaimana cinta tersebut dapat merubah hidup seseorang. Karena cinta, seseorang bisa sangat bahagia. Karena cinta pula, seseorang lainnya bisa sangat merasa sedih, kecewa dan patah hati.

Mengenai cinta, tidak sedikit perempuan yang rupanya takut jatuh cinta. Di saat semua teman-temannya telah menemukan tambatan hatinya, tidak sedikit perempuan yang betah dengan kesendiriannya. Kalau pun ada pria yang coba mendekatinya, tidak mudah baginya untuk membuka hati. Bukannya sok jual mahal, perempuan-perempuan seperti ini memang terlalu takut jatuh cinta.

Melansir Fimela, ada beberapa alasan kenapa perempuan takut jatuh cinta.

Takut kecewa 
Alasan pertama kenapa perempuan takut jatuh cinta adalah karena ia takut kecewa. Kekecewaan yang terjadi di masa lalu membuatnya sangat hati-hati untuk membuka hati kembali. Kegagalan cinta yang pernah dialami di masa lalu membuatnya trauma untuk jatuh cinta lagi.

Takut akan penolakan

Perempuan juga takut jatuh cinta karena takut akan penolakan. Ia takut cintanya ditolak, ketulusannya tak mendapat restu baik dari keluarganya maupun keluarga si pria hingga ia takut bahwa ia tak bisa menjadi yang terbaik untuk pria yang dicintainya. Ketakutan ini semakin besar ketika si perempuan menyadari ada banyak kekurangan dalam dirinya terutama kekurangan dalam segi fisik.

Takut kehilangan kebebasan


Mereka yang takut jatuh cinta tidak jarang disebabkan oleh pikiran di mana ia takut kehilangan kebebasan. Perempuan ini terlalu khawatir jika setelah menjalin hubungan atau komitmen dengan seseorang, ia tak punya banyak waktu untuk menggeluti hobinya, ia takut karirnya akan terhenti, ia takut tak bahagia lagi dan ia terlalu takut bahwa pasangannya akan mengekangnya.

Ada prioritas yang lebih penting
 
Bagi beberapa perempuan, ia takut jatuh cinta karena ada prioritas yang lebih penting di hidupnya jika dibandingkan dengan cinta. Prioritas tersebut bisa keluarga atau orangtua, karir dan pendidikan. Perempuan yang disibukkan oleh banyak hal terkadang akan terlalu malas hingga takut berurusan dengan cinta atau menjalin hubungan asmara. Bagi perempuan seperti ini, cinta adalah urusan yang sakral. Sekalinya jatuh cinta, ia berharap cinta tersebut adalah cinta pertama dan terakhir untuknya.

Itulah beberapa alasan kenapa perempuan takut jatuh cinta. Ketika seorang perempuan tak kunjung menemukan pelabuhan hatinya, bukan berarti ia sok jual mahal atau punya standar terlalu tinggi. Bisa jadi, ia memang terlalu takut buat jatuh cinta, kecewa dan patah hati karenanya. Jadi, perlu untuk dimaklumi.

2 comments

  1. Jatuh cinta itu kata guru saya fitrah. Karena fitrah itu suci maka cinta harus disalurkan lewat jalan yang suci

    ReplyDelete

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia