Bangkitkan Semangat Kemanusiaan dengan Donor Darah

SunfloWords.com - Anggota Komite I DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di kalangan Relawan Darah Bengkulu - Muda di Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu, baru-baru ini.

Diwawancara mengenai kegiatan ini, Senator termuda Indonesia itu mengatakan, donor darah penting sebagai bentuk pengaplikasian nilai sila kedua Pancasila, kemanusiaan yang adil dan berada dalam bentuk saling mencintai sesama manusia, mengembangkan sikap tenggang rasa, dan gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.

"Pancasila juga mengajarkan kita untuk saling berwelas asih, bergotong royong dan saling tolong menolong. Semua ini harus tertanam dalam sanubari kita semua," kata Riri Damayanti.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini menjelaskan, meski donor darah penting, namun harus dilakukan dengan sukarela, tidak karena diwajibkan atau dipaksakan.

"Donor darah harus didasarkan kepada motivasi untuk memberi tanpa pamrih. Seorang pendonor harus rela menolong orang demi menyelamatkan nyawa dengan mengorbankan darah yang ia miliki," ujarnya.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana BKKBN Provinsi Bengkulu ini memberikan motivasi kepada para relawan darah untuk tidak mengendorkan semangat donor darah dengan senantiasa mensosialisasikan keuntungan dan keistimewaan berdonor kepada seluruh pemuda dan keluarga, serta orang terdekat masing-masing.

"Sering-sering sampaikan tentang apa penting dan keuntungannya melakukan donor darah. Kita disini para Relawan Darah Bengkulu yang masih muda-muda dari bidang kesehatan harus sering-sering memberikan sosialisasi kepada masyarakat luas untuk jangan takut melakukan donor darah dan betapa berartinya setetes darah untuk menyelamatkan hidup seseorang," paparnya.

Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini menekankan, masyarakat harus diberikan pemahaman bahwa masih begitu banyak orang yang membutuhkan darah seperti korban musibah, melahirkan atau karena bencana.

"Sumbangkan darah kita untuk orang-orang yang membutuhkan. Setetes darah itu bisa memberikan sejuta senyuman kepada orang yang mendapatkan darah kita," demikian Riri Damayanti.

Selain mengentai Pancasila, pada acara sosialisasi ini Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur itu juga menjelaskan tentang UUD, apa itu NKRI, dan apa itu Bhinneka Tunggal Ika.

Sosialisasi ini berlangsung dinamis karena para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan dialog dan memberikan masukan mengenai upaya untuk membumikan Empat Pilar Kebangsaan khususnya di kalangan generasi muda. [**]

No comments