Pariwisata Bengkulu Harus Diperkuat dengan Kesiapan Cyber Society

SunfloWords.com - Wisata adalah soal daya tarik. Daya tarik itu harus dipikat dengan infrastruktur yang memadai serta kemasan destinasi yang tersiar secara masif kepada khalayak domestik maupun mancanegara. Perlahan-lahan, pemerintah daerah di Bengkulu terus berupaya untuk memenuhi pemikat tersebut.

Anggota Komite I DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief berpendapat, hadirnya sejumlah hotel besar berikut industri jasa lainnya membuktikan bahwa pengembangan pariwisata Bengkulu tidak mengalami stagnasi.

Hanya saja menurut dia, usaha tersebut harus segera diperkuat dengan kesiapan Cyber Society sebagai konsekuensi dari tibanya era Revolusi Industri 4.0 yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah bukan hanya sebagai kebutuhan promotif, tapi juga untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan respon cepat pemerintah daerah terhadap berbagai keluhan mereka.

"Saya yakin kalau birokrasi kita sudah siap untuk menguasai teknologi informasi. Yang diperlukan sekarang kesiapan masyarakat serta pembangunan sarana dan prasarananya di kampung-kampung. Di Bengkulu masih ada lho yang belum terjangkau sinyal handphone. Ini yang perlu dipersiapkan," kata Riri Damayanti kepada media, Selasa (14/5/2019).

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini menjelaskan, pemerintah daerah perlu mengawal kedewasaan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi informasi dengan bijaksana.

"Jadi energi masyarakat tersalurkan untuk mendalami pengetahuan tentang dunia pariwisata dan bagaimana mempromosikan alam serta kekayaan budaya yang kita miliki, bukannya sibuk melulu sama polemik seperti yang banyak kita lihat di medsos," terang Riri Damayanti.

Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini menambahkan, ia siap bekerjasama dengan pemerintah daerah atau masyarakat untuk menyiapkan Cyber Society.

"Memang harus segera dimulai. Mewujudkannya memang tidak sederhana, tapi kalau nggak dimulai sekarang terus kapan. Kalau memang diperlukan kerjasama, saya selaku anggota DPD selalu siap," demikian Riri Damayanti.

Perlu diketahui, saat ini pemerintah terus membangun infrastruktur untuk menunjang pengembangan pariwisata di Bengkulu seperti jalan tol dan pengembangan bandara.

Di samping itu, sejumlah event skala lokal, nasional bahkan internasional telah disusun untuk digelar baik pada tahun ini maupun pada tahun-tahun mendatang.

Usaha mikro, kecil, menengah serta industri rumahan seperti warung kelontong, rumah makan baik yang skala kecil maupun besar terus tumbuh di pusat-pusat destinasi wisata Bengkulu.

Sejumlah aset terbengkalai seperti Mess Pemda bahkan telah dilelang kepada investor agar bersedia menanamkan modalnya. Pengembangan teknologi informasi serta digitalisasi telah dikembangkan di Bengkulu namun belum terlalu masif melibatkan kalangan masyarakat. [**]

No comments