Senator Tekankan Pentingnya RUU DSD Bagi Daerah Tertinggal

SunfloWords.com - Komite I DPD RI melaksanakan uji sahih atas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Daya Saing Daerah (DSD) di Kantor DPD RI Provinsi Bali, baru-baru ini. Dalam uji sahih ini, DPD RI membahas pokok-pokok pikiran dari RUU DSD tersebut.

Dalam uji sahih ini, data Asia Competitiveness Institute tahun 2019 ini menunjukkan stabilitas makroekonomi Bengkulu dalam kondisi yang mengkhawatirkan atau peringkat ke-34 dari 34 provinsi di Indonesia.

Anggota Komite I DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, data tersebut menunjukkan betapa pentingnya RUU DSD sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran Bengkulu.

"Ada lima hal kenapa daya saing daerah ini penting terutama bagi daerah-daerah tertinggal. Memastikan agar daerah tertinggal bisa menjadi kawasan yang menarik bagi investor, mendorong pertumbuhan ekonominya, meningkatkan basis pajak daerahnya, meningkatkan pendapatan asli daerahnya, dan meningkatkan pelayanan publiknya," kata Riri Damayanti kepada media, Selasa (25/6/2019).

Dengan adanya upaya-upaya tersebut, lanjut alumni Universitas Indonesia ini, Pemerintah mesti mengalokasikan kebutuhan anggaran untuk memperbaiki infrastruktur, pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus, mendorong peningkatan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat, meningkatkan kualitas birokrasi, regulasi, aparatur, dan sebagainya.

"Dasar hukumnya sangat jelas bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib memajukan kesejahteraan umum berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Perbedaan tingkat kesejahteraan antar daerah adalah sasaran yang ingin dipecahkan dengan RUU DSD ini," tegas Riri Damayanti.

Adanya RUU DSD, tambah Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu itu, Pemerintah wajib memfasilitasi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya manusia, sumber daya alam, modal sosial, fiskal, infrastruktur, teknologi, kelembagaan, dan regulasi.

"Jadi kita ingin meningkatkan kinerja pembangunan daerah melalui strategi dan program pembangunan yang terpadu, komprehensif dan berkelanjutan, khususnya bagi daerah yang daya saingnya masih rendah," demikian Riri Damayanti.

Data terhimpun, stabilitas perekonomian adalah prasyarat dasar untuk tercapainya peningkatan kesejahteraan rakyat melalui pertumbuhan yang tinggi dan peningkatan kualitas pertumbuhan. Stabilitas perekonomian sangat penting untuk memberikan kepastian berusaha bagi para pelaku ekonomi. [**]

No comments