Ini Dampak Buruk Bagi Kesehatan Ketika Menjalani Pekerjaan yang Tidak Disukai


Hai Sahabat, apakah kamu salah satu dari sekian banyak orang yang membenci pekerjaan saat ini? Jika iya, kamu harus waspada. Reaksi tubuh ketika kamu tidak menyukai pekerjaan ternyata bisa membawa dampak buruk terhadap kesehatan kamu.

Sebelum semuanya terlambat, mari kenali efek apa saja yang ditimbulkan saat kamu menjalani pekerjaan yang tidak disukaki.

Pernahkah kamu merasa bosan dengan pekerjaan saat ini dan selalu lelah ketika berangkat kerja padahal sudah beristirahat dengan cukup?

Hati-hati, mungkin saja hal tersebut merupakan salah satu tanda kamu tidak menyukai pekerjaan saat ini. Di sisi lain, kamu pun tidak dapat berhenti begitu saja karena berbagai alasan, seperti terikat kontrak atau lingkungan yang terlalu nyaman.

Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa kesehatanmu bisa saja memburuk akibat mempertahankan pekerjaan yang tidak kamu sukai tersebut.

Melansir Hello Sehat, berikut dampak buruk dari menjalani pekerjaan yang tidak disukai.

1. Sulit tidur

Ketika kamu membenci pekerjaan saat ini, otak kamu akan cenderung terlalu memikirkan tumpukan urusan kerja.

Pada tengah malam, kamu sering terbangun dan mungkin sulit kembali untuk tidur. Hal ini akan berakibat pada menurunnya kualitas tidur kamu.

Itu sebabnya, kamu sering merasa terlalu lelah dan malas untuk bekerja karena kurang tidur, sekalipun sudah berusaha untuk tidur lebih awal.

2. Sering mengalami sakit kepala

Tahukah kamu, saat seseorang menganggap pekerjaannya sebagai hal yang menyebalkan dan “berbahaya”, otot tubuh kamu akan menegang?

Sebagaimana dilansir dari American Psychological Association, ketegangan otot saat mengerjakan pekerjaan yang tidak disukai membuat leher ikut tegang. Kondisi ini dapat berujung pada sakit kepala yang akhirnya mengganggu kegiatanmu.

Sakit kepala tersebut juga bisa berasal dari stres yang muncul saat kamu bekerja. Apabila kondisi ini terus terjadi dan tak kunjung hilang, segeralah untuk berkonsultasi ke dokter.

3. Menurunnya kesehatan mental

Menurut sebuah penelitian, pegawai yang kerap mendapatkan perlakuan buruk dari atasan menunjukkan penurunan kesehatan mental.

Para pegawai tersebut akhirnya mengatakan bahwa mereka membenci pekerjaan saat itu. Akibatnya, mereka melampiaskan stresnya dengan makan berlebih yang menjadi cikal bakal obesitas dan berujung pada depresi.

Oleh karena itu, dampak yang muncul pada tubuh jika kamu tidak menyukai pekerjaan bisa memengaruhi segala aspek kesehatan, baik fisik maupun mental.

4. Sering merasa lelah dan tidak nafsu makan

Jika kamu menjalankan pekerjaan yang tidak disukai, tubuh kamu akan cenderung mudah lelah karena stres dan tidak memiliki nafsu makan.

Nah, karena kurang tidur, stres, dan nafsu makan menurun, tubuh kamu pun menjadi rentan sakit. kamu merasa sudah terlalu lama bekerja, tetapi tidak mencapai hasil yang memuaskan.

Selain itu, lingkungan yang buruk juga menjadi faktor pendukung kamu membenci pekerjaan ini. Semua terasa salah, sehingga kamu terlalu banyak memiliki beban pikiran dan menjadi sakit-sakitan.

5. Hilangnya gairah seks

Selain sakit-sakitan dan stres, dampak negatif pada tubuh ketika kamu tidak menyukai pekerjaan yang lain adalah hilangnya gairah seks.

Jika kamu sering lanjut mengerjakan urusan pekerjaan di rumah, kemungkinan besar hal itu akan berpengaruh pada hubungan asmaramu.

Hal ini dibuktikan oleh American Psychological Association melalui penelitian pada wanita yang terbebani oleh pekerjaan mereka.

Nah, beban tersebut menyebabkan penurunan hasrat seksual.

Pada pria kondisi ini juga membuat produksi testosteron berkurang sehingga gairah seks menurun. 

- Tips menghadapi pekerjaan yang tidak disukai

Melihat berbagai dampak negatif pada tubuh akibat tidak menyukai pekerjaan yang dijalani, ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu lakukan untuk menghadapi masalah ini.

a. Kenali penyebab mengapa kamu tidak menyukai pekerjaan tersebut. Apakah dari faktor lingkungan, beban kerja, atau atasan.

b. Menenangkan pikiran dengan mengambil cuti beberapa hari, meditasi, atau berolahraga di luar jam kerja.

c. Tidak pesimis dan berpikiran negatif juga dapat membantu kamu mengatasi stres yang terjadi di kantor.

d. Berhenti dari pekerjaan tersebut bila kamu tidak menemukan kenyamanan dan kesehatan semakin memburuk akibat pekerjaanmu.

Tidak menyukai pekerjaan saat ini dan terus menjalaninya memang akan membawa dampak buruk bagi kesehatan kamu. Stres ada terus membebani pikiran dan memengaruhi sebagian besar aspek kehidupanmu.

Oleh karena itu, jika terlalu berat untuk dihadapi sendiri, kamu bisa bercerita ke orang terdekat atau berkonsultasi dengan psikolog untuk menemukan solusi yang tepat.

No comments