Pentingnya Inovasi untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah

SunfloWords.com - Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, berhasil membawa Pemerintah Provinsi Bengkulu meraih penghargaan bergengsi Indonesia Attractiveness Award (IAA) 2019. Tidak tanggung-tanggung, Bengkulu ditetapkan sebagai Pemenang Platinum Kategori Provinsi Kecil Pelayanan Publik.

Platinum itu merupakan tingkatan paling prestisius yang dicapai Provinsi Bengkulu, karena nilainya diatas Gold dan Silver. Penghargaan ini diraih karena delapan inovasi yang ada di Bengkulu, yakni inovasi perizinan, inovasi pelayanan rumah damping bahagia, inovasi pelayanan rumah sakit daerah, pengembangan layanan pajak kendaraan, inovasi layanan kepegawaian, inovasi administrasi kependudukan, inovasi penurunan tingkat pengangguran, dan inovasi transparansi publik/E-Lapor.

Anggota Komite I DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief memberikan apresiasi atas prestasi tersebut. Ia menuturkan, inovasi merupakan kunci dalam peningkatan daya saing daerah.

"Inovasi daerah merupakan strategi paling jitu dalam meningkatkan daya saing daerah. Saya ucapakan selamat buat Provinsi Bengkulu, semoga prestasi ini dapat dipertahankan bahkan dapat ditingkatkan lebih baik lagi," kata Riri Damayanti kepada media, Jumat (19/7/2019).

Mantan Pimpinan Sementara DPD RI tiga periode ini menjelaskan, prestasi ini menunjukkan Bengkulu punya komitmen yang bagus untuk melayani masyarakatnya.

"Komitmen ini yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat selain keberlanjutannya. Jadi kegiatan pemerintah tidak hanya sebatas seremoni, tapi lebih banyak kepada inovasi-inovasi," ungkap Riri Damayanti.

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur itu optimis, penghargaan ini dapat memotivasi Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk bekerja dengan lebih baik lagi.

"Semoga ke depan lebih banyak lagi terobosan dan inovasi yang memberikan kepuasan kepada masyarakat atas layanan-layanan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu, maupun kabupetan/kota," demikian Riri Damayanti.

Sebelumnya terlansir, terpilihnya Provinsi Bengkulu sebagai pemenang Indonesia Attractiveness Award 2019, menunjukkan adanya potensi besar Provinsi Bengkulu untuk dapat menarik minat para investor berbagai industri dan pelaku bisnis beragam sektor untuk turut memajukan perekonomian daerah.

Sebab, penilaian atas penghargaan ini, melibatkan investor dan publik untuk memperoleh data mengenai daya tarik di sektor Investasi, Infrastruktur, Layanan Publik dan Pariwisata untuk tingkat Kabupten, Kota dan Provinsi di seluruh Indonesia.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan rasa syukur atas capaian yang diraih Provinsi Bengkulu pada IAA 2019. Menurutnya, ini merupakan bentuk kerja keras bersama dalam upaya memperbaiki kinerja dan mutu layanan publik bagi masyarakat.

IAA membantu pemerintah daerah untuk terus memberikan inovasi, motivasi kinerja, serta membantu mengukur kinerja yang telah dilakukan pemerintah. [**]

No comments