Cara Membersihkan Wajah yang Benar Supaya Terhindari dari Jerawat

sumber gambar: curriedayspa.com
Seperti yang diketahui bahwa salah satu penyebab seorang wanita terkena jerawat adalah akibat polusi, debu, atau juga karena make up. Dengan aktivitas rutinitas sehari-hari yang menyibukkan tentunya akan membuat kotoran mudah menempel pada wajah.

Maka dari itu salah satu cara mengatasi jerawat yang harus dilakukan oleh wanita adalah dengan membersihkan wajahnya. Dan sebaiknya membersihkan wajah itu dilakukan sebelum tidur karena saat tidur inilah kulit akan melakukan regenerasi.

Berikut ini cara membersihkan muka yang benar dan beberapa makanan penyebab timbulnya jerawat :

1. Bersihkan Muka dengan Pembersih Muka yang Mengandung Pembasmi Jerawat

Perlu diketahui bahwa membersihkan wajah dengan menggunakan air saja rasanya tidak cukup, sehingga anda sebaiknya saat mencuci wajahnya itu menggunakan sabun 2 kali sehari. Dalam hal ini, untuk menghilangkan jerawat dari wajah, maka anda sebaiknya menggunakan sabun atau pembersih muka yang mengandung pembasi jerawat seperti benzoyl peroxide atau sulfur.

Untuk hasil yang lebih maksimal lagi maka ketika membersihkan area wajah itu dengan menggunakan krim pembersih make up atau yang lebih baik lagi menggunakan facial foam. Sedangkan pada tahap akhir dengan menggunakan krim dan penyegar.
 
2. Bilas Secara Menyeluruh
 
Saat anda menggunakan pembersih muka maka sebaiknya anda membilasnya secara menyeluruh. Dimana anda harus membilas dengan benar hingga wajahnya itu benar-benar bersih dari sisa-sisa sabun pembersih muka. Karena jika sabun pembersih muk itu masih meninggalkan sisa kotoran di wajah sehingga bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Adapun cara membilas yang benar dimulai dari dekat garis rambut lanjutkan sampai sekitar rahang. Dan jangan lupa bagian sela-sela hidung karena di bagian ini biasanya sisa kotoran tertinggal. 
 
3. Bersihkan Muka dengan Pembersih Muka untuk Kulit Berminyak
 
Memang dengan rajin membersihkan muka juga merupakan salah satu cara untuk mencegah muka terkena jerawat. Dan lebih baiknya lagi jika membersihkan muka itu dengan menggunakan sabun pembersih muka yang cocok untuk kulitnya. Misalnya jika anda memiliki kulit berminyak, maka anda sebaiknya menggunakan sabun pembersih muka untuk kulit berminyak. 

4. Hindari Menggunakan Pelembab yang Membuat Kulit Tambah Berminyak
 
Dengan selalu menggunakan pelembab secara rutin juga merupakan salah satu cara untuk membuat wajah terbebas dari jerawat. Akan tetapi saat anda akan menggunakan produk pelembab maka anda harus pandai pandai dalam memilih produk pelembab. Dalam hal ini, maka sebaiknya anda pilih produk pelembab yang tidak membuat kulit lebih berminyak sehingga menyebabkan jerawat cepat tumbuh.

Untuk bisa terbebas dari jerawat tidak cukup dengan melakukan perawatan dari dalam luar saja, tetapi juga harus melakukan perawatan dari dalam misalnya saja dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan jerawat seperti :
 
1.    Alkohol
Perlu diketahui bahwa minuman beralkohol ini bukan hanya kaya akan gula, namun juga bersifat diuretik yang artinya bisa membuat kulit dehidrasi. Ketika kulit kering, maka proses pengelupasan sel kulit mati tidak bisa berjalan sempurna yang akhirnya pori-pori tersumbat. Namun jika anda tetap ingin minum minuman beralkohol, maka pilihlah anggur merah yang kaya akan kandungan antioksidan sehingga santa baik untuk kesehatan kulit.
 
2.    Daging Non Organik
Sebenarnya bukan dagingnya yang bisa memicu timbulnya jerawat, melainkan fakta bahwa unggas atau daging sapi mengandung antibiotik dengan kadar yang cukup tinggi yang berasal dari peternakan. Dimana, antibiotik ini biasa diberikan kepada hewan peliharaannya itu supaya hewan tersebut tetap sehat. Apabila antibiotik tersebut sampai masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan bisa mengganggu keseimbangan bakteri baik maupun jahat di dalam tubuh. Sehingga bukan hanya sistem pencernaan saja yang bisa rusak, namun bakteri baik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit terancam keberadaannya. Maka dari itu, sebaiknya konsumsilah daging organik atau yang bebas antibiotik.

Jadi kesimpulannya jika anda ingin mengatasi masalah jerawat, salah satunya adalah dengan selalu mencuci muka secara rutin dan benar. Dan jangan lupa tidak mengkonsumsi makanan pemicu munculnya jerawat.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia