3 Komponen Penting di Dalam Sistem Sirkulasi Darah yang Perlu Diketahui

sumber gambar: belmarrahealth.com
Rata rata orang dewasa memiliki darah di dalam tubuhnya hampir sebanyak 5,5 liter darah. Adanya darah didalam tubuh manusia ini memiliki peranan penting untuk mengalirkan oksigen, nutrisi, hormone, dan juga berbagai komponen penting lainnya untuk tetap menjaga kesehatan manusia.

Kesemua darah itu nantinya akan terus mengalir mulai dari jantung ke seluruh tubuh lalu akan kembali lagi ke jantung untuk diperbaharui. Adanya sebuah sistem bernama sistem kardiovaskular yang akan mengatur jalannya sirkulasi darah didalam tubuh. Selama kamu hidup didunia maka akan terus berjalannya sistem peredaran darah didalam tubuh tanpa hentinya.

Di dalam sistem sirkulasi darah pada manusia itu adanya 3 komponen penting, di mana masing masing komponennya itu saling berhubungan. 3 Komponen tersebut nantinya akan mengatur jalannya pengangkutan dan penerimaan kembali darah dari seluruh tubuh untuk dialirkan kembali ke seluruh tubuh.

Berikut 3 komponen penting di dalam sistem sirkulasi darah yang perlu diketahui diantaranya yaitu:

1. Jantung

Sumsum tulang merupakan tempat diproduksinya sel darah. Jantung merupakan organ yang paling penting di dalam sistem sirkulasi darah pada manusia, dimana fungsi jantung ini adalah untuk memompa dan menerima darah ke seluruh tubuh.

Jantung ini berada diantara paru paru, tepatnya berada di tengah dada, dan dibagian belakang kiri tulang dada. Jantung ini kira kira berukuran sedikit lebih besar dari kepalan tangan manusia yaitu sekitar 200 hingga 425 gram. Adanya 4 ruang pada setiap jantung manusia yaitu serambi (atrium) kiri dan kanan, serta bilik (vebtrikel) kiri dan kanan.

Selain itu adanya 4 katup di dalam jantung yang akan memisahkan keempat ruangan tersebut. Fungsi dari adanya katup didalam jantung ini adalah untuk menjaga aliran darah supaya dapat mengalir kearah yang benar.

Katup yang ada di dalam jantung ini termasuk katup tricuspid, mitral, paru, dan juga aorta. Dimana setiap katupnya itu memiliki flaps yang disebut dengan leaflet atau cusp yang akan membuka dan menutup sekali ketika jantung berdetak.

2. Pembuluh Darah


Pembuluh darah merupakan pipa elastis yang menjadi salah satu bagian dari sistem sirkulasi darah pada manusia. Fungsi dari pembuluh ini adalah untuk membawa darah dari jantung kebagian tubuh yang lainnya atau sebaliknya. Di jantung adanya 3 pembuluh darah yang utama yaitu Arteri, Vena, dan Kapiler.

3. Darah

Rata rata di dalam tubuh manusia mengandung darah sebanyak 4 hingga 5 liter. Fungsi dari darah ini adalah untuk mengangkut oksigen, nutrisi, hormone, dan berbagai zat lainnya. Dimana kesemuanya itu akan diangkut oleh darah ke seluruh tubuh.

Tanpa adanya darah maka dapat dipastikan akan sulit tersalurkan dengan baik oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh. Adanya beberapa komponen pengting di dalam darah seperti plasma darah, sel darah merah atau eritrosit, sel darah putih atau leukosit, dan keping darah atau trombosit.
sumber gambar: bibloggers.com
Mekanisme sistem sirkulasi darah pada manusia ini terbagi menjadi dua yaitu:

- Sirkulasi Darah Sistemik yang lebih sering disebut dengan peredaran darah besar. Dimulainya peredaran darah ini ketika dimpompanya darah yang mengandung oksigen dari bilik kiri jantung menuju keseluruh tubuh hingga akhirnya akan kembali lagi ke serambi kanan jantung.

- Sirkulasi Darah Pulmonal yang lebih sering disebut dengan peredaran darah kecil. Dimulainya peredaran darah ini ketika darah yang mengadung oksigen dipompa dari bilik kanan jantung untuk menuju paru paru. 

2 comments

  1. Dari SMP nilai saya ut biologi selalu tinggi. Pas SMA malah masuk jurusan fisika eh nilai biologinya sendiri tetap lebih tinggi dari fisika dan math wkwwkk.

    Saya ngikutin banget soal peredaran darah. di jantung ada 2 bilik dan 2 serambi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk salah jurusan dong, harusnya ambil biologi

      Delete

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia