Bersinergi Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan di Indonesia


SunfloWords.com - Kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Indonesia adalah sebuah bencana yang patut kita waspadai dan juga kita cegah sebisa mungkin agar tidak menimbulkan dampak yang tidak diinginkan. Di Indonesia sendiri seringkali terjadi kebakaran hutan yang sebagian besar terjadi karena human error ataupun karena cuaca yang sangat panas sehingga rumput yang sangat kering bisa menjadi terbakar.

Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief mengungkapkan bahwa perlu adanya upaya antisipasi dan penanggulangan permasalahan kebakaran secara tepat. Menurut Senator Riri, upaya tersebut dapat terwujud jika adanya sinergisitas antara masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

“Pemasalahan ini hampir jadi masalah tahunan, ketika musiman kemarau selalu terjadi kebakaran hutan. Untuk itu perlu adanya antisipasi dan usaha prespektif secara bersama untuk mencegah kebakaran yang sering terjadi di Indonesia,” kata Riri Damayanti, Rabu (23/10/2019).

Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini mengungkapkan, untuk mengantisipasi kebakaran hutan tersebut, ia mencatat ada enam cara untuk mengantisipasinya.

Pertama, menghentikan pembakaran hutan untuk perluasan lahan dan juga pembakaran lahan gambut. Hal ini sangat penting, menurut Senator Riri, salah satu faktor terjadinya kebakaran hutan yang ada di Indonesia adalah membakar hutan untuk perluasan lahan.

Kedua, memulihkan hutan dan lahan gambut. Dalam hal ini pemerintah dapat menggandeng masyarakat untuk bisa reboisasi hutan dan menjaga hutan, sehingga fungsi hutan sebagai sumber iklim dunia berjalan semestinya.

Ketiga, meningkatkan upaya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Tindakan ini perlu dipraktekkan di lingkungan masyarakat agar mereka peduli terhadap lingkungannya sendiri.

"Dengan melakukan penyuluhan dan juga materi pembelajaran tentang kepedulian lingkungan dan juga manfaat hutan bagi manusia, tentu mereka akan lebih peduli terhadap lingkungan yang mereka tinggali untuk tidak melakukan hal-hal yang merugikan," jelas Riri Damayanti.

Keempat, melatih masyarakat untuk sigap menanggulangi kebakaran. Dengan memberikan pelatihan praktik langsung di lapangan akan memberikan dampak positif kepada masyarakat agar sigap dalam menanggulangi kebakaran. Hal ini dipersiapkan untuk menanggulangi kebakaran sebaik mungkin dan meminimalisir agar kebakaran tidak merambat kemana-mana.

Kelima, melengkapi fasilitas untuk kebakaran hutan. Hal ini yang memang harus pemerintah utamakan. Dimana disetiap daerah yang memiliki titik api paling tinggi harus disediakan fasilitas untuk menanggulangi kebakaran hutan tersebut. Baik itu berupa perangkat lunak ataupun perangkat keras.

Keenam, memberikan sanksi tegas bagi siapapun yang dengan sengaja telah melakukan pembakaran hutan dan tidak meminta izin terlebih dahulu ataupun yang tidak punya ijin untuk membakar hutan demi kepentingan sendiri. Tindakan seperti ini dibuat agar mereka lebih sadar akan lingkungannya sendiri. [**]

2 comments

  1. Masalah yang selalu berulang setiap tahun. Tidak terhitung kerugian yang kita alami

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, bahkan di tempat kami pun sudah terkena asap...

      Delete