Cintai Lingkungan, Buang Sampah Pada Tempatnya


SunfloWords.com - Sampah merupakan masalah yang sering kita jumpai, terutama di lingkungan pemukiman penduduk di kota-kota. Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, sebagai salah satu tugasnya yang membidangi lingkungan hidup, tertib membuang sampah merupakan bagian dari cinta kita terhadap lingkungan.

“Membuang sampah pada tempatnya, adalah kewajiban kita. Kalau sampah itu dibuang pada tempatnya, kan menjadi bersih. Kalau Bengkulu bersih, kan enak dipandang. Serta tertib membuang sampah juga sangat berguna untuk keberlangsungan lingkungan hidup kita yang bersih akan terhindar dari berbagai macam penyakit,” kata Riri Damayanti, Jumat (18/10/2019).

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana BKKBN Provinsi Bengkulu ini mengatakan, jika tertib sampah dilakukan akan membuat Bengkulu lebih nyaman dan imbasnya bagi masyarakat, salah satunya berdampak pada ekonomi masyarakat.

“Misalnya pada wisatawan di Bengkulu. Kalau wisatawan betah dengan Bengkulu yang bersih maka wisatawan itu akan kembali lagi ke tempat kita dan bisa jadi membawa wisatawan lainnya. Tentu, ini dapat menambah ekomomi masyarakat terutama pada pelaku industri kecil dan khas lokal kerajinan Bengkulu,” jelas Riri Damayanti.

Anggota Kaukus Perempuan Parlemen RI ini juga mengatakan, sangat diperlukan revolusi mental untuk mengukuhkan hati masyarakat agar dapat mencintai lingkungan membuang sampah pada tempatnya.

“Dengan membuang sampah pada tempatnya, berarti kita sudah cinta terhadap lingkungan. Dengan cinta lingkungan berarti cinta kepada alam. Dengan cinta kepada alam maka kita menyelamatkan bumi. Dengan menyelamatkan bumi maka kita meminimalisir adanya penyakit yang bakal ditimbulkan ataupun bencana yang mungkin akan bakal terjadi,” papar Riri Damayanti.

Untuk itu, perempuan yang mendapat gelar Putri Dayang Negeri oleh Masyarakat Adat Tapus ini mengajak masyarakat untuk mengamalkan budaya gotong royong untuk mewujudkan Bengkulu bersih dari sampah.

“Kalau budaya gotong royong diwujudkan dengan gerakan setiap 1 orang memungut sampah 1 serta membuang sampah pada tempatnya, maka Bengkulu akan terbebas dari sampah,” tutup Riri Damayanti. [**]

No comments