Jangan Salah, Ini Penanganan Hipotermia yang Mudah dan Cepat!

sumber gambar: northwell.edu
Tubuh kita terdiri dari banyak komponen dan memiliki sistem yang kompleks dalam merespon berbagai kondisi dari lingkungan luar. Namun sayangnya, tidak semua bisa diatasi oleh tubuh, sehingga reaksi yang ditimbulkan malah menjadi gawat. Seperti salah satunya kala tubuh gagal mengatasi suhu dingin lalu mengalami hipotermia. Penanganan hipotermia yang mudah dan cepat perlu anda ketahui agar tidak salah mengambil langkah dalam menanganinya.

Tentang Hipotermia

Hipotermia adalah kondisi dimana tubuh tak mampu untuk beradaptasi dengan suhu dingin secara tiba-tiba. Suhu tubuh akan menurun drastis, yakni di bawah 35 derajat Celcius. Padahal, suhu tubuh normal manusia adalah 36,5 sampai 37,5 derajat Celcius.

Penyebab hipotermia tidak lain adalah karena suhu dingin yang dirasakan tubuh lebih dingin dari biasanya, bahkan terbilang ekstrim. Sehingga tubuh tak mampu mengatasinya dan bisa jadi diperburuk oleh keadaan-keadaan tertentu. Seperti kelelahan, kelaparan, terlalu lama terkena air, dan lain sebagainya. Seseorang yang merasakan hipotermia akan menunjukkan gejala seperti badan yang gemetar, gigi menggertak, hilang kesadaran diri, dan halusinasi.

Kemungkinan Komplikasi Hipotermia

Tak hanya merasakan kedinginan yang luar biasa, orang yang terkena hipotermia juga beresiko mengalami komplikasi sehingga harus mendapatkan penanganan hipotermia yang benar. Beberapa komplikasi itu antara lain:
·        - Frostbite, yaitu cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya karena membeku.
·        - Chilblains, yaitu peradangan pembuluh darah kecil dan saraf pada kulit.
·        - Trench foot, yaitu rusaknya pembuluh darah dan saraf pada kaki akibat terlalu lama terendam air.
·        - Gangrene atau kerusakan jaringan.

Kemungkinan-kemungkinan komplikasi di atas akan membawa tubuh pada kondisi terburuknya dan berbahaya, sehingga berpotensi mengalami kematian. Hal fatal ini tentu harus diantisipasi dengan penanganan hipotermia yang benar, bukan? Setidaknya, anda harus memahami penanganan hipotermia yang mudah dan bisa anda cepat lakukan jika ada rekan di sekitar anda yang mengalaminya.


Penanganan Hipotermia

sumber gambar: bethesdahealth.org
Penanganan hipotermia harus dipahami dengan baik agar sesuai dengan kebutuhannya. Ada cara mudah dan cepat yang bisa anda lakukan untuk membuat orang yang terkena hipotermia menjadi kembali ke suhu tubuh normal.

1. Jauhkan Dari Suhu Dingin
Penanganan hipotermia yang bisa anda lakukan adalah dengan menjauhkan korban dari suhu dingin. Jika korban berada di area pegunungan, maka pindahkan ke dalam tenda atau dekat api unggun. Jika korban berada terlalu lama di air, maka lepas baju yang basah dan balut dengan handuk tebal. Tambahkan dengan selimut dan kain tebal lainnya agar lebih hangat.

2. Dekap Korban
Selanjutnya, penanganan hipotermia dilanjut dengan memberi pertolongan skin to skin. Dimana anda harus mengusap kulit, mendekap dan berikan pelukan agar suhu dingin bisa merambat ke tubuh lain. Kalau memungkinkan, tak ada salahnya untuk memberi minyak penghangat atau alat lainnya yang membantu menurunkan suhu dingin. Jangan lupa untuk terus ajak korban bicara, agar dia tidak hilang kesadaran untuk mencegah kemungkinan buruk lainnya.

3. Beri Minuman Hangat
Selain itu, korban juga harus mendapat penanganan hipotermia dengan diberikan minuman hangat atau makanan dengan kadar energi yang cukup. Hal ini penting karena tubuh yang mendapatkan asupan akan memproduksi energi. Metabolisme pada tubuh akan menghasilkan peningkatan suhu tubuh sehingga lebih cepat kembali normal.

Begitulah cara penanganan hipotermia yang mudah cepat dilakukan. Untuk mengetahui cara mencegahnya, anda bisa membaca info dengan klik link artikel di bawah ini:

No comments