Selain Refreshing, Ini Nih Manfaat Solo Traveling untuk Traveler Wanita

sumber gambar: reepik.com
Bepergian seorang diri untuk liburan atau biasa disebut sebagai solo traveling kini makin marak dilakukan. Tak hanya traveling ke kota-kota di dalam negeri, solo traveling juga dilakukan hingga ke luar negeri. Jangan salah mengira kalau solo traveling tidak akan menyenangkan. Sebab, ternyata terdapat beberapa manfaat solo traveling yang bisa didapatkan pelakunya, termasuk untuk traveler wanita. Berikut kami berikan informasi lengkapnya. 

Me Time Lebih Berkualitas

Saat solo traveling, anda bisa merasakan manfaat meningkatnya kualitas me time atau waktu untuk diri sendiri. Jika pergi bersama teman anda sulit berfokus pada kesenangan pribadi, dengan solo traveling anda tak perlu lagi memusingkannya. Me time atau momen memanjakan diri sendiri diperlukan siapapun dan kapanpun termasuk saat liburan.


Ini saatnya anda melakukan hal-hal yang anda sukai atau sekadar rehat dari keramaian aktifitas. Dengan me time yang berkualitas, anda akan lebih rileks dan siap menjalani kegiatan kembali. Sebab bagaimanapun, anda harus menjaga kesehatan mental anda sebagai bentuk menghargai diri sendiri.


Hilangkan Stres dan Galau

Mengunjungi tempat wisata dengan pemandangan indah atau kuliner favorit dijamin akan meningkatkan hormon endorpin dalam diri. Dengan meningkatnya hormon ini, rasa senang akan mendominasi dan menghilangkan stres yang anda rasakan sebelumnya.

Rasa galau karena urusan karir, keluarga, maupun asmara juga bisa perlahan berkurang karena manfaat dari solo traveling. Untuk menyukseskan manfaat ini, pilih lah penginapan atau tempat wisata dengan pemandangan yang bagus, sehingga anda bisa rileks.




sumber gambar: blog.holidaylettings.co.uk
Jadikan Sebagai Momen Introspeksi Diri

Manfaat solo traveling lainnya adalah anda bisa menjadikan momen ini sebagai waktu introspeksi diri. Jika pikiran sudah tenang dan stres menghilang, pikiran yang jernih memudahkan anda untuk meditasi. Dengan begitu, anda akan mudah memikirkan hal-hal yang baik untuk diri anda. Introspeksi diri tentu saja penting agar anda menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.



Bebas Atur Agenda Liburan

Jika bepergian bersama teman, agenda atau susunan acara dan daftar tempat-tempat yang ingin dikunjungi pasti akan terbagi. Hal ini terkadang kurang mengenakkan karena anda tak bebas mengatur waktu. Jika tak mau begitu, maka sebaiknya anda lakukan solo traveling saja deh.


Jadi Lebih Mandiri

Tidak bisa dipungkiri, terkadang berbagai kesulitan juga akan ditemui saat solo traveling. Misalnya saja kemungkinan terjadinya kendaraan mogok, sulit memutuskan mencari sebuah lokasi tujuan tempat wisata, mengumpulkan keberanian untuk pergi ke lokasi tertentu sendirian, dan lain-lain. Kesulitan yang berhasil anda lalui akan menjadikan anda lebih mandiri. Hal ini juga menjadi salah satu manfaat solo traveling.


Tips Sukseskan Solo Traveling

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk maksimal merasakan manfaat solo traveling. 

Pertama, lebih baik jika anda booking tiket perjalanan dan penginapan terlebih dulu secara online. Pastikan segala transportasi untuk anda berpindah tempat terjamin, agar anda tak perlu memusingkannya saat tiba di lokasi tujuan.


Kedua, susun itinerary (agenda liburan) sebagai panduan kala anda mengelilingi kota tujuan wisata. Tak perlu mematok waktu dan tempat secara terburu-buru, nikmati saja sepuas yang anda mau.


Ketiga, fokuslah pada momen liburan. Jangan coba-coba membawa pekerjaan atau urusan lainnya, agar waktu liburan bisa bermanfaat secara maksimal. Bila perlu, jangan terlalu sering menggunakan gadget, deh.


Selain beberapa hal di atas, ada pula sederet manfaat solo traveling yang perlu anda tahu untuk anak muda. Yuk, baca artikelnya di link berikut ini:

No comments