10 Fakta Oki Setiana Dewi, Perempuan Inspiratif dan Pengusaha

sumber gambar: instagram Oki Setiana Dewi
Menjadi seorang perempuan tentu tidak memberikan batasan dalam berkarya dan menekuni banyak hal. Seperti yang dilakukan oleh aktris sekaligus pendakwah dan pengusaha Oki Setiana Dewi.

Perempuan kelahiran Batam pada 13 Januari 1989 ini tidak hanya sibuk sebagai seorang aktris, dia juga menjalankan profesi sebagai pendakwah, pebisnis, dan tentunya sebagai seorang istri dan ibu dari ketiga anaknya. Untuk itu, akan sangat bermanfaat jika mengetahui lebih banyak tentang perempuan sukses dan bisa mengelola waktu dengan baik ini.

Jadi, berikut fakta-fakta tentang Oki Setiana Dewi sebagai seorang perempuan sukses yang dapat menjadi inspirasi bagi kita semua terutama perempuan.

1. Kesuksesan Diawali Kegagalan

Perempuan yang menjadi tokoh utama di film Ketika Cinta Bertasbih ini tidak serta merta lahir dan menjadi sukses. “Semua berawal dari kegagalan” begitu kata Oki Setiana Dewi, dilansir dari dakwatuna.com.

Sejak Sekolah Dasar, Oki yang juga gemar bergaya ini sudah berkali-kali gagal menjuarai lomba peragaan busana dari tingkat kelurahan hingga provinsi. Namun hal itu tidak membuatnya patah semangat, justru menjadi pelajaran dan motivasi baginya untuk terus mengasah kemampuan.

Saat memasuki Sekolah Menengah Pertama, Oki kemudian berusaha mengasah bakatnya melalui Sekolah Kepribadian Silhoutee, di sinilah kemudian kepercayaan diri Oki tumbuh. Dia kemudian menjadi langganan juara di berbagai lomba peragaan busana.

2. Hobi Membaca dan Menulis

Oki Setiana Dewi memiliki hobi membaca dan menulis. Bahkan dengan hobi ini dia manfaatkan untuk mencari uang tambahan.

Melansir dakwatuna.com, lewat hobinya ini, Oki membuka penyewaan buku dan berjualan informasi kepada teman sekolah. Dia pernah menulis informasi tentang kelompok musik Westlife dan hasil karyanya dibanderol seribu rupiah per lembar.

3. Sosok Perempuan yang Cerdas

Di laman biografiku.com disebutkan bahwa Oki Setiana Dewi menyelesaikan pendidikan SMA nya di SMAN 1 Depok. Ketika masa SMA, Oki adalah orang yang cerdas, dia selalu langganan menjadi juara kelas. Oki juga sering mewakili sekolahnya dalam berbagai perlombaan akademis dan non akademis.

Karena kecerdasannya, dia kemudian bisa diterima di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya di Universitas Indonesia. Di Universitas Indonesia, dia kemudian menjadi mahasiswi teladan di kampusnya, penghargaan sebagai mahasiswi baru terbaik PS MABIM FIB UI 2007 serta mahasiswi berprestasi di bidang seni FIB UI 2010.

4. Oki Setiana Dewi Memutuskan Berjilbab di Usia 16 Tahun

Oki Setiana Dewi dikenal sebagai aktris yang sudah sejak awal kemunculannya ke dunia entertain telah memakai jilbab. Penampilan Oki yang mengenakan jilbab Syar'i itu juga dia terapkan pada kedua putrinya Maryam dan Khadeejah yang telah diajarkan berjilbab sejak dini.

Dan lewat akun instagramnya, aktris cantik ini pernah mengunggah foto lawasnya dengan efek hitam putih.

"Saya mulai berhijab saat usia 16 tahun." tulis Oki di akun instagramnya.

5. Awal Karir di Dunia Akting


Mengawali debutnya di dunia akting, Oki langsung menjadi pemeran utama sebagai Anna Althafunnisa di Film Ketika Cinta Bertasbih.

Film Ketika Cinta Bertasbih yang dibintangi Oki saat dirilis pada tahun 2009 sukses dan laris. Nama Oki pun melejit setelah film ini ditonton jutaan orang.

Setelah bermain film, Oki lebih aktif di layar kaca terutama di program yang bernuansa Islami. Diantaranya adalah Islam Itu Indah, Kultum, Sahur Itu Indah

6. Menikah dengan Ory Vitrio

Dilansir dari tabloidbintang.com, pada tanggal 12 Januari 2014, Oki Setiana Dewi menikah dengan Ory Vitrio yang merupakan seorang pengusaha.

Mereka menjalani proses taaruf, Rio yang berhasil dan bersahabat dengan Dude Harlino dan Teuku Wisnu mendatangi kediaman Oki Setiana Dewi untuk menemui Ayah Oki dan meminta Oki menjadi istrinya.

Kedatangan Ory Vitrio membuat Ayahanda Oki Setiana Dewi langsung merespon baik dan menerima lamaran Rio, karena menurut Ayah Oki bahwa Rio pria yang santun dan sejalan dengan putri sulungnya itu.

sumber gambar: instagram Oki Setiana Dewi
7. Membuka Bisnis di Bidang Fashion

Oki Setiana Dewi memulai perjalanan bisnis fashion sejak tahun 2014 sebagai desainer fashion dan pengusaha busana muslimah. Dalam bisnisnya ini, Oki membuat busana-busana siap pakai yang kemudian diberi nama sama dengan namanya yakni brand Oki Setiana Dewi.

Menurut Oki yang dilansir dari maxmanroe.com, karena peluang bisnis fashion busana muslimah yang makin besar itulah yang membuat dia memberanikan diri terjun dan sekaligus mengasah bakat bisnisnya. Selain besarnya peluang, banyaknya pertanyaan dari masyarakat mengenai busana yang dikenakannya membuat dirinya makin mantap untuk menjalankan bisnis busana muslimah ini. Bahkan bisnis fashion Oki juga menawarkan paket busana pernikahan.

Tak hanya ingin berbisnis, namun lebih dari itu dia ingin mengetuk hati perempuan untuk selalu mengenakan pakaian yang tertutup.

Dengan perjuangan dan kerja kerasnya kini Oki telah memiliki tujuh unit toko dan butik yang lokasinya berada dan tersebar di Jakarta sebanyak dua unit, Tangerang, Medan, dan Serang.

8. Membuka Bisnis Toko Oleh-oleh

Tak hanya di bidang fashion, Oki Setiana Dewi juga membuka bisnis di bidang makanan, yakni Pusat Oleh-Oleh Bandung AA & Teteh. Usaha tersebut merupakan usaha bersama suaminya, Ory Vitrio.

Dalam bisnisnya kali ini, Oki Setiana Dewi menjual berbagai produk UKM berupa makanan khas Bandung, kue artis, kaos, pernak pernik, dan souvenir yang siap menjadi cinderamata bagi wisatawan yang datang ke Kota Bandung.

Menurut Oki dilansir dari tribunnews.com, alasan membuka toko AA & Teteh di Bandung, dikarenakan anak-anaknya sangat suka dengan Kota Bandung. Sehingga, dia membuka bisnis sekaligus bisa mengajak keluarganya jalan-jalan.

9. Merangkul Usaha Kue Artis Lainnya

Fokus memproduksi kue oleh-oleh, juga dia manfaatkan dengan menyasar pasar yang lebih massif, yakni merangkul usaha kue artis lainnya.

Oki merangkul beberapa artis yang telah meluncurkan produk kue kekinian. Ibu tiga anak itu mengakui, ide tersebut diperolehnya dari sang suami.

Oleh-oleh (kue) artis yang ada seperti Makuta (Laudya Cynthia Bella), Princess Cake (Syahrini) dan Kuenya Ayu (Ayu Ting Ting). Dengan ini, menurut Oki pembeli bisa menghemat waktu dan tenaga; datang di satu tempat dan sudah dapat semua berbagai macam kue artis.

10. Jadi Produser dan Tetap Akif Berdakwah

Nama Oki Setiana Dewi berada di jajaran Produser Warna Pictures. Diketahui, Warna Pictures, yang sebelumnya merilis 212: The Power of Love pada Mei 2018 juga sukses merilis film Hayya.

Menurut Oki, sebagai pemain maupun kru sama-sama memiliki tanggung jawab yang besar. Dan sebagai produser, ia harus memikirkan pendanaan atau biaya produksi film.

Meskipun tugasnya tak mudah, Oki mengaku mendapat sejumlah pengalaman baru. Ia juga semakin menghargai pekerja dari berbagai profesi.

Di tengah kesibukannya sebagai pengusaha, Oki masih aktif berdakwah. Semangat dan kerja keras Oki Setiana Dewi patut dicontoh terutama oleh kaum perempuan.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia