6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel

sumber gambar: facetofeet.com
Bekas jerawat yang membandel memang sangat menyebalkan, mengganggu penampilan, dan bahkan bagi sebagian orang dapat mengurangi rasa percaya diri.

Hal pertama yang biasa dilihat dari penampilan adalah wajah, nah kesal gak sih kalau banyak noda-noda hitam atau bekas jerawat yang gak mau move on dari wajah kita? Kesal banget pastinya.

Parahnya lagi, bekas jerawat bahkan belum tersamarkan, eehhh jerawat baru bermekaran lagi. Amat sangat menyebalkan. Oleh karena itu, berikut tips atau cara menghilangkan bekas jerawat yang dilansir dari hellosehat.com.

Bekas jerawat dapat dihilangkan kok, jadi kita bisa sedikit lebih tenang. Berikut cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu lakukan secara mudah tanpa harus ke dokter.

1. Menggunakan krim/gel penghilang bekas jerawat

Cara cepat pertama menghilangkan bekas jerawat tanpa harus ke dokter adalah dengan krim atau gel penghilang bekas jerawat. Sekarang, terdapat beberapa krim atau gel penghilang bekas jerawat yang dijual bebas di apotek atau toko obat atau pun supermarket.

Bekas jerawat kerap meninggalkan jaringan parut dan meninggalkan hiperpigmentasi. Kondisi ini menyebabkan, munculnya noda hitam atau kemerahan di wajah dan tekstur kulit yang tidak rata.

Untuk menghilangkannya, kamu bisa memilih krim atau gel penghilang bekas jerawat dengan kandungan Niacinamide, Allium Cepa dan MPS (Mucopolysachharide), serta Pionin.

Ketiga bahan ini dalam krim atau gel penghilang bekas jerawat dapat menyamarkan tekstur kulit tidak rata akibat jerawat, menyamarkan noda, dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

2. Menjaga kebersihan wajah

Untuk menghilangkan bekas jerawat tanpa perlu ke dokter, kamu perlu menjaga kebersihan wajah. Cobalah untuk cuci muka dalam dua kali sehari dengan sabun cuci muka yang mengandung asam hidroksi alpha (AHA) untuk mengusir bekas jerawat.

Perlu diperhatikan, jika mencuci muka dengan sabun scrub, jangan menggosoknya terlalu kuat agar tak menimbulkan luka pada bekas jerawat dan memperparah bekas jerawat.

Hindari juga menyentuh kulit wajah dengan tangan yang kotor untuk menghindari peradangan kulit dan kembalinya jerawat.

3. Makan pepaya dan perasan lemon

Makan pepaya dan perasan lemon menjadi salah satu cara cepat untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Buah pepaya mengandung enzim papain yang mampu mengangkat sel kulit mati.

Papain yang ada dalam pepaya bermanfaat untuk memudarkan bekas jerawat dan menjaga kulit tetap hidrasi. Ragam kandungan vitamin dan mineral pada pepaya juga mendukung kesehatan kulit kamu. Vitamin A, C, B, dan K dalam pepaya dapat memperbaiki sel kulit mati dan mengembalikan elastisitas kulit.

Selain itu, minum air perasan lemon juga dapat menghilangkan bekas jerawat berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Kamu bisa mengonsumsi keduanya untuk mendapatkan hasil optimal mengusir bekas jerawat yang membandel.

4. Menggunakan minyak biji anggur

Menggunakan minyak biji anggur juga bisa menghilangkan bekas jerawat secara alami tanpa perlu ke dokter.

Perawatan wajah ini menjadi favorit kebanyakan kaum perempuan karena kandungan vitamin E dan asam lemak omega-6 serta omega-3 dapat menghilangkan bekas jerawat dan mencegah wajah kering.

Kamu bisa mengoleskan minyak biji anggur ke wajah dan memijatnya ke seluruh area wajah setiap sebelum tidur. Lakukan juga tiap pagi agar mendapatkan hasil yang optimal.

5. Makan sayuran hijau

Makan sayur hijau, seperti brokoli dan kale, dapat membantu kamu menyamarkan noda bekas jerawat. Sayuran hijau mengandung vitamin C yang kaya akan antioksidan. Vitamin C pada sayuran hijau dapat memperbaiki sel kulit yang rusak.

Sifat anti-inflamasi dalam vitamin C juga mampu memperbaiki luka pada kulit, serta memudarkan hiperpigmentasi bekas jerawat.

6. Minum cukup air

Setelah melakukan berbagai cara dan menjalankan gaya hidup sehat di atas, hal ini juga perlu diimbangi dengan minum cukup air agar bekas jerawat bisa hilang lebih optimal.

Bekas jerawat menimbulkan warna yang yang lebih gelap atau kemerahan setelah terjadi peradangan akibat jerawat itu sendiri. Dalam beberapa kasus bekas jerawat bisa menjadi bopeng, luka atau iritasi, sehingga menyebabkan kulit meradang kembali. Terlebih orang yang kulitnya kering lebih rentan terkena peradangan.

Untuk itu, kamu perlu minum cukup air setidaknya 2 liter sehari untuk menuntaskan bekas jerawat. Minum air bisa mencegah kulit kering dan teriritasi, terutama pada kulit sensitif.

No comments