Minim Penerangan dan Rambu Lalu Lintas, Kawasan Ini Rawan Kecelakaan

Riri Damayanti
SunfloWords.com - Kecelakaan lalu lintas bukan hanya sekadar disebabkan oleh kondisi jalan semata. Namun, kecelakaan juga dapat disebabkan tidak terpasangnya rambu lalu lintas ataupun lampu penerang jalan yang membuat pengendara menerawang, ketika malam hari dapat menyebabkan kecelakaan di samping kondisi kendaraan yang tidak mendukung atau sesuai peraturan.

Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, kecelakaan yang sering terjadi salah satu penyebabnya karena kondisi jalan yang kurang mendukung. Baik kondisi jalan yang rusak, rambu lalu lintas tidak terpasang dan lampu jalan yang berguna menerangi ketika di malam hari.

"Saya sering melihat banyak rambu lalu lintas tidak terpasang. Hal ini sangat penting, karena ini sangat berguna untuk menghindari terjadinya kecelakaan seperti yang pernah terjadi di tikungan Mojorejo Kecamatan Selupu Rejang, Rejang Lebong pada 19 November 2019, yang secara berturut-turut mengalami kecelakaan," kata Riri Damayanti, Selasa (17/12/2019).

Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI ini menjelaskan, rambu lalu lintas ini sangat penting dalam menjaga, mendukung kelancaran dan keselamatan pengendara atau pengguna jalan.

Oleh karenanya, Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini berharap, pemerintah seyogyanya memasang rambu-rambu tersebut agar keselamatan pengguna jalan tetap terjaga.

Sebab, menurut Senator Muda ini, rambu lalu lintas ini berfungsi untuk memberikan informasi kondisi jalan, memberikan informasi keadaan lalu lintas, untuk mendukung kampanye keselamatan lalu lintas dan sarana informasi saat sedang ada perbaikan jalan.

"Memperbaiki jalan yang rusak, memasang rambu lalu lintas, dan lampu jalan sangat berguna bagi keselamat masyarakat. Bukan hanya masyarakat, kita pun juga membutuhkan hal itu," ungkap Riri Damayanti.

Perempuan yang mendapat gelar Putri Dayang Negeri oleh Masyarakat Adat Tapus ini juga mengatakan, pemberian tanda antara jalan Provinsi dan Kabupaten/Kota juga sangat penting.

Menurut Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga SEMAKU ini, hal tersebut pernah menjadi kasus, seperti yang dialami warga Kelurahan Pekan Sabtu Kecamatan Selebar Kota Bengkulu yang menanam pisang diarea jalan yang berlobang meminta diperbaiki oleh Gubernur Bengkulu (24/12/2019), padahal, jalan tersebut milik Pemerintah Kota Bengkulu.

"Pemberian tanda, jalan ini milik provinsi Bengkulu ataupun pemerintah kabupaten/kota juga penting, ini berguna agar warga tidak salah dalam melihat jalan milik siapa dan dapat melaporkan dengan tepat," demikian Riri Damayanti. [**]

No comments