Senator: Perkuat Komitmen terhadap Pelestarian Lingkungan


SunfloWords.com - Upaya dan komitmen Gubernur Bengkulu mendukung pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) patut diapresiasi oleh semua pihak. Sebab itu dapat mencegah terjadinya bencana baik banjir ataupun longsor ketika hujan deras turun.

"Saya pikir ini program yang luar biasa, saya sangat mendukung atas upaya pemulihan das ini. Sebab saat ini, das kita sudah sudah rusak, makanya sering terjadi banjir ketika hujan besar mengguyur Bengkulu seperti yang pernah terjadi pada bulan Mei lalu," ujar Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief, Senin (2/12/2019).

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini berharap, kegiatan gerakan pemulihan daerah aliran sungai bisa berlanjut, demi masa depan tanah Bengkulu.

"Bengkulu sebagai daerah rawan bencana perlu terus dilakukan konservasi dan pemulihan lahan. Termasuk mencegah pembalakan liar. Dengan adanya konservasi ini, mudah-mudahan kedepannya bencana yang sering terjadi di Bengkulu ini, paling tidak minimal berkurang,” jelas Riri Damayanti.

Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI ini menekankan agar kita semua, bukan hanya Gubernur semata, harus memiliki komitmen kuat terhadap pelestarian lingkungan. Menurutnya, dengan pencanangan penanaman dan konservasi dapat membawa Bengkulu terbebas dari bencana.

Sementara Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, daya dukung dan daya tampung lingkungan akan semakin kecil, semakin turun maka upaya konservasi sangat dibutuhkan.

“Kita secara bersama-sama melihat daerah aliran sungai kawasan ekosistem hulu DAS ini, nanti menjadi hijau sehingga menjadi bagian dari konservasi lahan,” ujar Gubernur Rohidin.

Diketahui, program rehabilitasi daerah aliran sungai yang dipusatkan di MAN Insan Cendikia Bengkulu Tengah ini mendapatkan dukungan berbagai pihak.

Selain itu, Gubernur Rohidin juga serahkan SK perhutanan sosial untuk 9 kelompok tani hutan, di Provinsi Bengkulu sekaligus penyerahan bibit produktif kepada 10 desa di Kabupaten Bengkulu Tengah. [**]

No comments