Serunya Berkunjung ke Pabrik Pembuatan Saree di India

Saree India
Hai teman, pernahkah menonton film India dan melihat tokoh perempuan di film itu mengenakan Saree?

Ya! Saree, Sari, atau Shari merupakan jenis kain khas yang dikenakan oleh perempuan di India. Selain itu juga biasa dikenakan oleh perempuan Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka.

Berdasarkan pengalamanku di India, Saree memang tidak lepas dari pakaian sehari-hari perempuan di India baik itu untuk remaja, dewasa, hingga tua. Bahkan untuk anak-anak kecil yang perempuan pun ada.

Baca juga:

Panjang Saree yang dikenakan oleh perempuan India yang pernah kulihat mencapai 4 hingga 9 meter, loh... Aku bahkan diberi kesempatan juga untuk mengenakannya sewaktu berkunjung ke India.

Kain yang belum diberi motif
Ada berbagai macam bahan Saree, mulai dari kain sifon, katun, hingga sutera. Nah, ketika di India tepatnya di Kota Surat, aku dan rekan-rekan seperjalanan berkesempatan mengunjungi pabrik Saree hingga berburu Saree di banyak toko *hehee gak shopping kok, cuma lihat doang*

Siang hari yang sedikit gerimis, kami tiba di sebuah pabrik yang memang cukup bising karena aktivitas mesin.

Baca juga:

Sebelum tour keliling pabrik, kami memasuki ruang rapat dan mendengarkan penjelasan dari pihak pabrik. Rupanya, di pabrik yang kami kunjungi tersebut hanya mengolah kain mentahnya saja. Tidak termasuk hasil jadi Saree yang sudah dihias seperti ada manik-maniknya dan jahitan pinggir yang cantik.

Meski begitu, keliling dan melihat proses pembuatan Saree sangatlah menyenangkan dan seru. Dari kain biasa kemudian diberi warna dan motif yang cantik. Saree tersebut dipisahkan berdasarkan bahannya masing-masing. Setelah selesai, Saree siap diolah atau dipercantik lagi.

Proses pewarnaan dan diberi motif
Sebelum ke Kota Surat, aku sudah berkunjung ke beberapa toko Saree di New Delhi, hanya saja saat itu belum melihat pembuatannya.

Beranjak dari pabrik kami melaju ke beberapa toko Saree terbesar dan terkenal di Kota Surat. Benar-benar menakjubkan, naluri perempuanku memuncak, benar-benar ingin memiliki semuanya *hahaa soalnya cantik-cantik Sareenya*

Tanganku ini sudah menyentuh Saree yang harganya mulai Rp200 ribuan hingga jutaan. Sangat menyenangkan melihat yang cantik-cantik, setiap perempuan pasti paham akan hal ini. Terlebih, Saree yang kami lihat memiliki variasi yang sangat banyak sekali.

Baca juga:

Karena panjang Saree 4 hingga 9 meter, jadi kalau kita tidak mau mengenakannya seperti perempuan India yang biasa dililitkan di pinggang atau disangkutkan ke bahu, kita bisa menjahit Saree tersebut menjadi baju, gaun, bahkan kebaya.

katalog
Dan ternyata, ada beberapa jenis Saree yang bisa dipakai lelaki, Saree untuk lelaki biasanya akan dijadikan seperti kemeja lengan pendek atau kemeja lengan panjang bahkan bisa juga untuk setelan jas. Tidak menutup kemungkinan bisa juga dibuat sarung.

Bahan dasar Saree yang bisa dijahit untuk lelaki umumnya katun. Lelaki dari tim kami juga membeli untuk mereka jahit nantinya, masing-masing kami akhirnya membeli Saree. Perihal memilih memang dilema sekali, akhirnya aku memilih beberapa dan setibanya di Indonesia kubagikan untuk teman dan keluarga, tentu untukku juga ada.

katalog
Harga Saree yang kubeli pun bervariasi dari Rp200 ribuan hingga Rp500 ribuan. Untuk Saree yang berbahan dasar semi sutera atau sutera asli, harganya tidak terjangkau oleh dompetku yang kering kerontang *wkwk ke India pun dibayarin* harga Saree termahal yang kulihat waktu itu adalah Rp20 juta *kalau ada duit segitu, gak bakal kubelikan Saree, mending kutabung buat modal nikah eehhh apaan sih wkwk*

Baca juga:

Aku pakai Saree (ini setelan yang dihadiahkan untukku, harganya bikin dompetku keriput, ampun dah!)

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia