Cara Membuat Blog di Blogger.com, Mudah dan Cepat

www.sunflowords.com
Hai teman, apa saat ini kamu ingin memulai menulis di blog dan belum tahu cara membuatnya? Berarti kamu membaca tulisan yang tepat. Kali ini akan saya jelaskan mengenai cara membuat blog. Tentunya proses ini sangat mudah dan cepat, jadi InsyaAllah bisa teman-teman pahami.

1. Login di blogger.com


Langkah pertama, silakan buka Chrome atau Mozilla kemudian ketik blogger.com dan akan ada tampilan seperti di bawah ini.
  
create your blog
Selanjutnya teman-teman akan diarahkan untuk login di Gmail. Isi kelengkapan yang diperlukan seperti Gmail dan password lalu kalian akan diarahkan pada tampilan seperti ini. Di sini kalian harus mengisi nama profil.
 
isi yaa :)
Teman-teman bisa menggunakan nama sendiri, nama toko yang dimiliki, nama hewan kesayangan, atau yang lainnya. Hal ini juga berlaku untuk nama blog nanti.

2. Create new blog


Next, ada tampilan seperti di bawah ini dan silakan untuk mengklik tulisan 'create new blog'. Kemudian ada kolom yang perlu diisi yakni judul blog, alamat blog, dan tema blog.
 
create new blog
Setelah selesai mengisi semuanya, dan alamat blog tersedia maka silakan klik 'create blog'. Tampilan akan berubah seperti gambar di bawah ini.
   
saatnya mengelola blog dan mulai menulis

3. Mengelola blog


Jika sudah selesai membuat blog, selanjutnya teman-teman bisa memulai menulis dan menerbitkan tulisan di blog.

Perhatikan pada bilah sebelah kiri yang terdapat View blog, Posts, Statistic, Comments, Earnings, Pages, Layout, Theme, dan Settings.

- View blog, jika teman-teman ingin melihat tampilan blog kalian, silakan klik view blog atau lihat blog.

- Posts, di sini akan tampil seluruh tulisan yang sudah diterbitkan, draft tulisan, dan jumlah seluruh tulisan.

- Statistic, pada menu statistic kita bisa melihat berapa kali blog kita dikunjungi atau dilihat. Ada jumlah kunjungan per hari, per bulan, dan total semuanya sejak blog dibuat. Di menu ini juga bisa melihat statistik tulisan di blog kita.

- Comments, kita bisa melihat siapa saja yang berkomentar pada kiriman di blog kita, dan berapa banyak komentar tersebut.

- Earnings, ini adalah penghasilan yang terhubung pada Google AdSense. Di sini bisa juga mengatur letak iklan di blog kita. Pertama-tama blog harus didaftarkan terlebih dulu kemudian menunggu konfirmasi dari Google apakah blog kita sudah layak atau belum ada iklannya dari Google.

- Pages, menu halaman pada blog. Teman-teman bisa mengisi halaman dengan banyak hal misalnya tentang blog, biodata diri, galeri foto, disclaimer, dan lain sebagainya.

- Layout, mengatur tata letak blog. Pada menu ini teman-teman bisa menambahkan banyak gadget/widget untuk blog. Tinggal disesuaikan mau pasang yang mana dan apa-apa saja.

- Theme, ini adalah tema blog. Ada banyak pilihan tema gratis tersedia, atau teman-teman bisa mendownload tema blog di btemplates.com. Ada sangat banyak sekali pilihan tema disertai keterangan cara memasangnya di blog. Lebih lanjut, tema blog ada juga yang harus dibeli. Perihal tema blog, pilihlah yang responsif.

- Settings, pada menu ini semuanya tentang pengaturan; yakni pengaturan kiriman blog, komentar, sharing, email, bahasa, dan lain sebagainya. Teman-teman tinggal menyesuaikan saja.

4. Mulai menulis

Klik tulisan new post, tanda (+), atau entri baru (ini agak beda antara Mozilla dan Chrome, entah apa hanya saya yang mengalaminya. Kalau di Chrome ada tulisan entri baru atau new post, sedangkan di Mozilla ada tanda + di pojok kanan bawah).

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini:
 
mulai menulis
Di bilah bagian atas cukup mirip dengan Microsoft Word, lalu di sebelah kanan ada label, jadwal, tautan, lokasi, dan pilihan. Labelnya silakan diisi, dan jadwal adalah untuk mengatur jadwal kiriman, mau dipublikasikan sekarang atau besok, bisa diatur tanggalnya.

Tautan akan otomatis terisi, lalu jika ingin menambahkan lokasi tidak ada salahnya dan pada menu pilihan bisa diklik dan ada beberapa pengaturan, bisa diatur atau dibiarkan saja.

Nah, setelah paham beberapa hal di atas mulailah menulis. Jika belum ingin dipublikasikan, silakan klik 'simpan'. Namun jika langsung ingin mempublikasikan tulisan, teman-teman bisa mengklik 'publikasikan'.

Begitulah caranya, sangat mudah kan?

Jika ada yang perlu ditanyakan silakan tulis di kolom komentar. Atau misalnya penjelasannya ini kurang detail dan ada kelirunya, mohon beritahu saya. Maafkan bila ada salahnya yaa :)

Jika ingin bertanya lebih lanjut, silakan hubungi saya pada menu 'contact' di blog ini, InsyaAllah sedikit atau banyak bisa berbagi hal-hal berkenaan blog ^^

Semangat menulis dan mari menebar manfaat lewat tulisan.


No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia