Wujudkan Wonderful Bengkulu 2020 Bersih dari Sampah

Riri Damayanti
SunfloWords.com - Peningkatan jumlah sampah meningkat khususnya setelah pesta malam tahun baru. Senator Riri Damayanti mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta menggalakkan kebersihan lingkungan sekitar.

"Saya harap kepada masyarakat yang merayakan malam tahun baru untuk sama-sama membersihkan sampah yang dibuang sembarangan. Kerja bakti kita buang sampah di tempat yang sudah disediakan. Dan saya harap kesadaran para pengunjung untuk ke depan tidak membuang sampah sembarangan,” ujar Riri Damayanti, Jumat (3/1/2020).

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini berharap kepada pemerintah, untuk memperbanyak penyediaan tong sampah yang ada di tempat-tempat wisata khususnya yang sering dikunjungi masyakat umum.

"Penempatan tong sampah di lokasi yang ramai dikunjungi masyarakat dan penambahan intensitas pekerja kebersihan harus dilakukan. Jangan sampai sampah dibiarkan berserakan dan menumpuk. Semua hanya akan merusak pemandangan dan merusak citra Bengkulu sebagai objek wisata," jelas Riri Damayanti.

Selain itu, Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini mengatakan, harus ada pemisahan antara sampah organik dan non organik. Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos yang berguna untuk pertanian. Sedangkan sampah non organik dapat didaur ulang.

"Banyak contoh di daerah-daerah lain dalam memanfaatkan sampah. Saya lihat, Bengkulu masih jarang memanfaatkan hal tersebut. Ke depannya kita harap bisa memanfaatkan sampah menjadi barang yang bermanfaat bagi kita," jelas Riri Damayanti.

Perempuan yang mendapat Gelar Putri Dayang Negeri oleh Masyarakat Adat Kecamatan Tapus ini mengungkapkan, dengan memanfaatkan sampah yang baik ini bukti kita dalam serius melaksanakan Wonderful 2020.

"Kan Wonderful 2020, jadi kita harus benar-benar menjaga kebersihan untuk menjaga lingkungan hidup yang dimulai dari diri sendiri di tahun baru ini," demikian Riri Damayanti.

Untuk diketahui, Komite II DPD RI merupakan alat kelengkapan DPD RI. Komite II DPD RI memiliki tugas konstitusional untuk memperhatikan urusan daerah diantaranya mengenai Pertanian dan Perkebunan, Perhubungan, Kelautan dan Perikanan, Energi dan Sumber daya mineral, Kehutanan dan Lingkungan hidup, Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan dan Daerah Tertinggal, Perindustrian dan Perdagangan, Penanaman Modal, dan Pekerjaan Umum. [**]

No comments