Empat Khasiat Bunga Pepaya Bagi Tubuh Manusia

sumber gambar: philnews.ph
Siapa yang doyan banget mengonsumsi sayur bunga pepaya?
Rasanya pahit, tapi manfaatnya untuk kesehatan manis banget. Dilihat dari kandungan nutrisinya saja, bunga dengan rasa yang pahit ini kaya akan flavonoid dan antioksidan.

Untuk diketahui, keduanya sangat baik untuk dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit dalam tubuh.

Selain itu, bunga ini juga mengandung sejumlah vitamin, seperti vitamin  A, C, E, dan folat dengan sifat antioksidan. Nutrisi tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Melihat beragamnya kandungan nutrisi di atas, jangan heran kalau ada banyak khasiat bunga pepaya bagi tubuh manusia. Melansir klikdokter.com, berikut beberapa manfaat bunga pepaya:

1. Mengatasi Gula Darah Tinggi

Salah satu efek baik yang dimiliki oleh bunga pepaya adalah dapat membantu mengontrol gula darah yang tinggi, khususnya pada penderita diabetes mellitus.

Berbagai penelitian menemukan bahwa ekstrak bunga pepaya dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki fungsi dari sel-sel pankreas.

Studi tersebut meneliti konsumsi air ekstrak bunga pepaya yang diminum selama 30 hari. Hasil yang didapatkan adalah kadar gula darah menurun secara signifikan.

Temuan ini juga didukung dengan terlihatnya jumlah sel pankreas yang lebih banyak dan lebih sehat jika dibandingkan dengan penderita diabetes yang tidak mengonsumsi secara rutin ekstrak bunga pepaya.

2. Mencegah Kanker

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bunga pepaya kaya akan flavonoid dan antioksidan. Keduanya membantu tubuh untuk melawan radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit dalam tubuh, termasuk kanker.

Flavonoid dan antioksidan juga dikenal punya memiliki kemampuan dalam menjaga stabilitas sistem kekebalan tubuh.

Selain bunga, ekstrak dari daun pepaya juga dinilai memiliki potensi sebagai tambahan dalam mengatasi kanker jenis tertentu. Penelitian di Jepang mendapatkan bahwa ekstrak daun pepaya memiliki efek anti tumor dengan menghambat pertumbuhan sel-sel ganas.

Bahan ini juga bisa menstimulasi tubuh untuk memproduksi gen yang dapat menghancurkan sel-sel tumor.

3. Mengurangi Keparahan Asma

Bersama daun pepaya, khasiat bunga pepaya juga bisa membantu mengurangi derajat keparahan asma. Pada penyakit asma, terjadi reaksi peradangan pada saluran pernapasan sehingga saluran menjadi bengkak dan menghasilkan banyak lendir.

Daun pepaya mengandung efek anti-inflamasi yang cukup kuat dan dapat bekerja langsung pada sel-sel di saluran pernapasan.

Jika dibandingkan dengan obat kortikosteroid sejenis metilprednisolone, keduanya memiliki efek yang hampir serupa. Meski demikian, obat metilprednisolone tetap lebih superior.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Sebagian orang menggunakan bunga pepaya untuk meningkatkan nafsu makan. Meski rasanya pahit, mengonsumsi hidangan ini sebagai lauk sampingan dapat membuat makanan terasa lebih nikmat.

Apabila kita atau orang lanjut usia (lansia) mengalami masalah nafsu makan, memberikan sayuran bunga pepaya dapat membantu. Meski begitu, manfaat yang satu ini masih harus diuji kebenarannya terlebih dahulu.

Walau demikian, kita juga perlu ingat bahwa meskipun memiliki segudang manfaat, bunga pepaya belum dapat digunakan sebagai pengganti obat-obatan yang sudah teruji klinis.

Untuk mengobati penyakit tertentu, kita tetap harus mengonsultasikannya kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

No comments