Pentingnya Gizi Seimbang dan Daya Tahan Tubuh Kuat untuk Hindari Virus Corona


SunfloWords.com - Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menekankan untuk membangun kesadaran gizi di tengah masyakarat. Sesuai dengan tema HGN 2020 yang ke-60 lalu, tema yang diangkat adalah “Gizi Optimal untuk Generasi Millenial” dilakukan untuk mengingatkan kesadaran masyarakat agar selalu memperhatikan gizi dalam kehidupan. Terutama kesadaran tersebut sangat diperlukan mengingat tengah menyebarnya virus corona.

Senator Muda Indonesia, Hj Riri Damayanti John Latief, mengungkapkan, upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi yang seimbang guna meningkatkan daya tahan tubuh khususnya di kalangan millenial menjadi semakin penting mengingat munculnya virus baru seperti corona yang mengancam kehidupan manusia saat ini.

"Anak-anak yang masih sekolah harus punya daya tahan tubuh yang kuat dari gizi yang seimbang untuk menghindari berbagai penyakit, salah satunya virus baru seperti corona," kata Riri Damayanti.

Data terhimpun, penyebaran virus corona terus membesar, tak hanya di Tiongkok, namun juga telah mewabah di kawasan Asia, Eropa dan Timur Tengah. Sebanyak 50 negara yang melaporkan temuan kasus infeksi Covid-19 ini. Data mencatat, hingga Jumat (28/2/2020) pagi kasus virus corona secara global mencapai 83.265 dengan jumlah kematian mencapai 2.858 dan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh 36.436.

"Semoga kampanye akan pentingnya gizi seimbang tahun ini bisa optimal, terutama kepada generasi muda dan juga orang tua yang harus memastikan anak-anaknya mendapatkan gizi seimbang sehingga meningkatkan daya tahan tubuhnya terhadap berbagai macam virus," ungkap Riri Damayanti.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini memberikan apresiasi kepada Kementerian Kesehatan yang telah menyiapkan anggaran tersendiri dalam menangani virus Corona.

"Mencegah tetap lebih baik dari pada mengobati. Mari sama-sama galakkan konsumsi gizi seimbang, menjalani gaya hidup yang sehat, rajin bersih- bersih, dan senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar rakyat Indonesia, Tiongkok dan seluruh dunia diberikan perlindungan dari segala yang mengancam virus yang membahayakan," demikian Riri Damayanti.

Untuk diketahui, virus bisa dicegah masuk ke dalam tubuh manusia bila memiliki daya tahan yang kuat. Seseorang dapat terpapar infeksi virus dari tiga aspek yakni orangnya, sumber penyakitnya dan lingkungannya.

Dengan menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi yang optimal dalam pembangunan SDM yang berkualitas, serta meningkatkan peran media massa dalam kampanye gizi remaja, menjadi salah satu upaya penanggulangan stunting dan dapat mengantisipasi penyebaran virus corona. [**]

No comments