Hidup Memang Penuh Cobaan, Ini 8 Cara Berdamai dengan Kesalahan dan Kegagalan


Tidak ada jaminan bahwa jalan yang akan kita tempuh mulus tanpa kerikil. Bahkan ketika kita berpikir cobaanhidup sudah selesai, justru semuanya baru saja dimulai.

Hidup kita dipenuhi dengan serangkaian kegagalan dan kesalahan, namun jangan dijadikan alasan kita menjadi putus asa dan patah semangat. Teruslah untuk mengingatkan dirimu bahwa:

1. Ini bukan akhir

Kamu harus bertahan dalam keadaan apapun. Tidak ada gunanya berpura-pura bahwa segala hal di kehidupanmu itu selalu hebat. Terkadang kita tersandung dan jatuh, atau kita melakukan kesalahan besar.

Tak ada salahnya untuk membiarkan dirimu sembuh, lalu bangun dan mulai lagi. Ambil satu atau dua langkah kecil untuk kembali bergerak dan ketahuilah bahwa kamu bisa melakukannya, kamu harus bisa!

2. Semua orang membuat kesalahan di sepanjang jalan

Ketahuilah bahwa kamu hanya gagal jika kamu menyerah dan tidak mau mencoba. Terimalah bahwa dirimu adalah manusia biasa, tetap lanjutkan hidupmu dengan menyemai harapan dan semangat baru.

3. Berpikir positif mengarah pada hasil positif

Jika kamu pikir bisa berhasil maka ada peluang bagus bahwa kamu akan berhasil. Pikiran memiliki daya yang sangat kuat. Dia menciptakan apa yang diyakini. Oleh karena itu berpikirlah yang baik dan jangan fokus pada takutmu terhadap salah dan gagal.

4. Sukses lebih dekat

Kesalahan bisa menjadi guru kita. Jangan takut melakukan kesalahan sebab dari kesalahan itulah kita banyak belajar. Bahkan kita selangkah lebih dekat untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Sebab dari kesalahan akan menuntun kita pada banyak jalan menuju keberhasilan.

5. Kamu bukanlah sebuah kesalahan

Jangan terperangkap dalam menentukan siapa dirimu yang sebenarnya dengan hal-hal berbeda yang kamu lakukan - atau oleh kegagalan dan kesalahan.

Kamu tidak bisa menentukan siapa dirimu hanya dari kesalahan atau kegagalan yang kamu lakukan. Justru kesalahan itu akan menjadikan kamu lebih bijak ke depannya.

6. Ada beberapa kesalahan yang benar-benar menghancurkan

Kesalahan hanyalah kemunduran beberapa langkah. Bangun, teruslah melihat ke depan dan bergerak menuju impianmu.

Memang ada kesalahan yang fatal, tapi bukan berarti kamu harus terus terpuruk di dalamnya. Bangunlah!

7. Kegagalan terkadang merupakan berkah tersembunyi

Tidak mendapatkan apa yang kamu inginkan terkadang bisa menjadi keberuntungan. Itu membuatmu mempertimbangkan kembali dan mencoba beberapa hal berbeda. Dan ini sering dapat mengarah pada peluang lain yang lebih baik.

8. Kamu memiliki kekuatan untuk menentukan kebahagiaan

Kamu dapat mempertahankan rasa sakit dan kegagalan masa lalu, atau kamu dapat memilih untuk membiarkannya pergi dan memusatkan perhatian pada apa yang ada di depan.

Terserah kamu untuk memilih apa yang menurutmu terbaik. Namun ketahuilah, bergerak dari rasa sakit menuju hal-hal hebat adalah lebih baik untukmu.

Ingatlah bahwa seorang pemenang sejati bukanlah dia yang selalu menang dalam hal apapun. Melainkan dia yang selalu bangkit setiap kali gagal dan melakukan kesalahan.

Seorang pemenang sejati mampu belajar dari kesalahannya dan mampu menjadikan dirinya lebih baik. Oleh karena itu, jangan takut gagal sebab itu hanyalah bagian dari cara Tuhan untuk membuatmu siap pada banyak hal hebat di masa depan.

Agar kamu menjadi pribadi yang tangguh, kuat, dan kokoh. Jadi, jangan pernah putus asa.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia