Biar Tidak Bosan di Rumah Aja, Ini 5 Aktivitas yang Bisa Dilakukan


Eva Destrianti Sunflowords
Tagar #DiRumahAja menjadi trending di Twitter, ini juga anjuran pemerintah dan tenaga medis agar kita bisa menekan penularan covid-19. Jadi jangan bandel yaa, jangan ngeyel, dan jangan keluyuran dulu.

Di Bengkulu beberapa hari lalu, saya mendapat pesan via WhatsApp dari beberapa teman yang mengabarkan kondisi di Bandara Fatmawati. Wah ramai pemirsaahhh...

Sebenarnya keadaan berkerumun seperti itu sangat disayangkan, mengingat virus corona cepat sekali menular. Bahkan orang sehat bisa saja mengidap namun imunnya kuat, akan tetapi dia tetap bisa menularkan covid-19 kepada orang lain.

Terhitung Sabtu (28/3), sudah 1.155 kasus positif covid-19 di Indonesia, 102 meninggal dan 59 sembuh. Ayolah kita sadar diri, terutama di Bengkulu masih zona hijau dan ini patut dipertahankan.

Anjuran untuk di rumah aja barangkali akan membuat teman-teman bosan, jadi berikut saya paparkan lima aktivitas yang bisa dilakukan biar tidak bosan selama di rumah. Ingat yaa, dengan di rumah aja kita sudah membantu tim medis, kita sudah berpartisipasi menyelamatkan dunia.

1. Work from home


Well, jadi memang sekolah dan perkantoran sedang dibekukan *wah beku kayak hatiku wkwk* maksudnya aktivitas belajar dan bekerja dialihkan ke rumah. Jadi biar tidak bosan di rumah, teman-teman pelajar bisa belajar online, mahasiswa pun begitu, sementara PNS/karyawan/wiraswasta bahkan blogger seperti saya bisa kerja dari rumah.

2. Membaca buku


Coba lihat lagi buku-buku berdebu di atas meja atau di lemari kamu. Sayang loh kalau tidak dibaca. Dan mumpung ada banyak waktu di rumah, ayo membaca! Iqra! Bacalah! Perkaya pengetahuan kita, dan teman-teman bisa juga membaca lewat ponsel, misalnya baca berita, baca tulisan di blog ini, dan membaca pikiran *wkwk yakali ini bisa*. Tapi ingat jangan menyebarkan hoax di media sosial kamu yaa.

3. Belajar masak


Mau perempuan atau laki-laki, siapapun itu yang punya nafsu makan harus bisa masak, minimal masak air, masak nasi, dan goreng telur. Jangan maunya apa-apa dibeli, masak sana! *oalah berasa kayak ngomel ih padahal diri sendiri ngga pandai masak, yaudah ngomelin diri sendiri aja dulu yaa* Dan di rumah aja bisa kamu manfaatkan untuk belajar masak. Siapa tahu setelah ini ternyata takdirmu adalah menjadi koki, menjadi chef hebat. *hohoo*

4. Nonton


Banyak waktu di rumah, manfaatin tuh buat menonton film kesukaan kamu. Dan saya sendiri suka anime, jadi momen di rumah aja atau di kos aja ini kadang saya juga menonton anime. Nonton ulang Saitama, Gintama, dan anime lainnya. Jadi tidak bosan sama sekali ketika di rumah.

5. Merawat tanaman


Bagi kamu yang suka berkebun atau menanam sesuatu di halaman rumah, manfaatkan momen ini dengan baik. *Tapi kalau kamu hobinya menanam harapan lalu menghilang, itu lain lagi hanya saja kamu jangan main-main dengan doa orang teraniaya wkwk* Well, saya sendiri suka bercocok tanam di halaman rumah. Bisa merawat tanaman bunga, menanam tanaman herbal, dan memperindah pekarangan rumah.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan, cuci tangan pakai sabun biar kuman pada kabur. Opsi lain yang bisa kamu lakukan adalah rebahan sambil scroll media sosial *mau chattingan eh si dia ngga peka sih aduduh*.

Teman-teman, mohon yaa jangan bandel dan jangan ngeyel. Udah deh, kita di rumah aja. Keluar kalau memang sangat penting. Coba renungkan apa saja yang sudah dilakukan tim medis, mereka bahkan sampai berguguran.

Dan kita cuma diminta jaga kesehatan dan di rumah aja kok ya susah. Jadi ayo sama-sama kita saling mengingatkan. Kalau bisa juga, terus kampanyekan di media sosial dan lingkungan sekitar supaya masyarakat lebih peduli dengan kesehatan dan tetap di rumah aja.

Sebenarnya, seorang setengah introvert seperti saya tidak susah untuk di rumah aja. Namun, teman-teman extrovert barangkali heboh dan gabut banget yaa. Ada banyak meme di media sosial berkenaan aktivitas di rumah, ada yang lucu banget malah.

Di sisi lain memang ada beberapa orang yang harus banget keluar rumah, seperti para pedagang. Mau ngga mau mereka harus berdagang dan keluar rumah, jadi mohon untuk tetap ikhtiar jaga kesehatan dengan memakai masker dan hand sanitizer.

Selain jaga kesehatan, ayo kita juga menjaga iman. Banyakin doa dan minta sama Allah agar wabah covid-19 dan masa-masa sulit ini segera berakhir.

Dengan keadaan seperti sekarang ini, jangan panik yaa tapi tetap waspada. Semoga kita semua sehat lahir dan batin, serta bisa bertemu bulan Ramadan dalam keadaan baik-baik saja.

Fyi, jika teman-teman di Kota Bengkulu mau tahu perkembangan kasus covid-19 bisa lihat gambar di bawah ini yaa.

*Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti program #NulisSerempak bersama Blogger Bengkulu

covid-19 Kota Bengkulu
covid-19 Kota Bengkulu

8 comments

  1. Merawat tanaman dan masak. Job baru aku nich kak. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pasti seru itu mbak, bisa mengekspresikan diri lewat aktivitas yang kita sukai...

      Delete
  2. Kami hari ini pas banget sama temanya kak, bakar ikan di teras pasnya telan di depan tanduk mobil hehe gara-gara halaman sudah terik sama mentari pagi yang menyinari bumi pertiwi, yang penting happy langsung santap sadaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaawww pas banget ya kak, minggu pagi di rumah aja dan dan bakar2 ikan... Aktivitas di rumah juga seru apalagi kalau bersama keluarga...

      Delete
  3. Wah, kalau saya, sudah kerjaan sehari-hari nih kak, sebagai freelance yang sudah dua tahun jadi kaum rebahan profesional. Hihi.

    Begitu ada himbauan WFH, cuma bereaksi "okay". :P

    Salam kenal, Kak Eva.

    -En

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren waahh kaum rebahan professional. Mau dong ketularan juga wkwk rebahan iya, duit ngalir gitu kan hehe...

      Salam kenal juga 😊🌻

      Delete
  4. bener juga nih mbak.. heheh.. kalau aku lebih suka merawat tanaman.. biar rumah sejuk dan asri

    ReplyDelete
  5. Waah poin no 5 aku sm ibuku bgt.. Lg masa pemulihan skit tifus juga kan, jd ga boleh aktivitas terlalu capek. Paling kl bosan ikutin buang2in rumput yg ada di pot bunga.. Hhh
    Stay safe selalu ya mbak. Semoga covid 19 segera dibekukan aja kaya hatimu. Eh

    ReplyDelete

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia