Cegah Corona, Ini Tips Meningkatkan Sistem Imun


Hari ini Senin, 16 Maret 2020 jalanan mulai sepi. Pasar, super market, tempat nongkrong, sekolah, dan tempat lain yang biasanya ramai menjadi sepi.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya imbauan dan perintah dari kepala daerah untuk sedapat mungkin tetap di rumah 14 hari ke depan.

Terhitung Minggu (15/3), pasien positif corona sudah 117 orang. Kita memang harus waspada namun tidak boleh panik.

Infeksi COVID-19 tidak mudah terjadi pada orang dengan sistem imun yang baik. Selain itu, orang dengan sistem imun tubuh yang baik juga tidak akan terkena dampak yang begitu parah apabila sewaktu-waktu terinfeksi corona. Mereka pun akan memiliki peluang sembuh yang tinggi.

Maka dari itu, mulailah melakukan upaya untuk meningkatkan sistem imun tubuh dari sekarang. Melansir KlikDokter, berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari infeksi virus corona:

1. Konsumsi Suplemen


Mengonsumsi suplemen dapat membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kamu bisa memilih suplemen yang mengandung Polinacea. Polinacea merupakan ekstrak akar Echinacea angustifolia (jenis tanaman herbal dari Amerika Utara) yang telah melalui proses triple standardization. Echinacea telah digunakan untuk pengobatan di berbagai belahan dunia sejak lebih dari ratusan tahun lalu.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa Echinacea dapat merangsang imunitas dengan cara memaksimalkan kinerja sel-sel yang berperan dalam kekebalan tubuh.

Selain Echinacea, juga dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung black elderberry. Tanaman ini tinggi flavonoid, anthocyanin dan quercetin. Polinacea & black elderberry sudah terkenal dapat meningkatkan sistem imun.

2. Hindari Asap Rokok


Tidak merokok saja belumlah cukup. Agar sel-sel dalam saluran pernapasan menjalankan tugasnya dengan optimal, kamu sebaiknya juga menghindari paparan asap rokok.

Dalam keadaan normal, sel-sel di saluran pernapasan berusaha untuk mencegah masuknya infeksi virus atau bakteri. Namun pada orang-orang yang sering terpapar asap rokok, sel-sel tersebut mengalami gangguan fungsi.

Itu sebabnya, orang yang sering berada dalam lingkungan penuh asap rokok lebih mudah batuk dan mengalami infeksi saluran pernapasan.

3. Mengonsumsi Sayur dan Buah


Agar imun tubuh terjaga dengan baik, kamu perlu mengonsumsi berbagai macam sayur dan buah. Bukan hanya satu jenis, melainkan beragam jenis sayur dan buah dengan aneka warna.

Untuk kesehatan yang optimal, jumlah sayur dan buah yang disarankan adalah sebanyak lima porsi dalam satu hari. Contoh, seporsi buah setara dengan satu buah apel berukuran sedang, satu buah pisang berukuran sedang, atau semangkuk kecil elderberry.

4. Cukup Tidur Setiap Hari


Jangan sepelekan waktu tidur di malam hari. Sebab saat tidur, tubuhmu akan melakukan proses regenerasi untuk sel-sel yang terganggu atau rusak.

Selain itu, daya tahan tubuh juga akan terjaga dengan baik jika Anda memiliki kebiasaan tidur yang optimal. Idealnya, tidur yang cukup di malam hari berkisar antara 6–8 jam, dengan kondisi ruangan yang tenang dan gelap.

5. Mencuci Tangan Secara Berkala


Berbagai studi kedokteran telah membuktikan bahwa cara yang paling efektif untuk mencegah infeksi saluran pernapasan, termasuk infeksi virus corona, adalah dengan melakukan cuci tangan dengan benar.

Cuci tangan yang benar dilakukan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Jika tidak ada sabun atau air, Anda dapat membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.

Cuci tangan setidaknya dilakukan sebelum dan setelah menyiapkan makanan, sebelum dan setelah makan, setelah batuk atau bersin, setelah mengenakan dan membuang masker, setelah menyentuh hewan, serta setelah berkontak dengan orang yang sakit.

Turunkan risiko infeksi virus corona dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Jika memiliki kondisi kesehatan khusus sehingga kesulitan untuk meningkatkan sistem imun tubuh, berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter.

Tetap jaga kesehatan yaa...

6 comments

  1. Cukup mengkhawatirkan penyebarannya... mana tingkat kematian di Indonesia cukup tinggi yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, pasien Positif makin bertambah. Sangat mengkhawatirkan...

      Delete
  2. Insya allah udah menerapkan tips di atas, semoga kita sehat selalu ya. Pagi ini izin nggak masuk kerja karena pusing dan badan ngilu, huhu
    Jd takut bgt gara2 merebaknya virus corona ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, tapi kita juga ngga boleh panik. Namun tetap waspada dan usaha jaga kesehatan, semoga wabah ini berakhir sebelum ramadan. Aamiin

      Delete
  3. sekarang corona seperti virus yg mematikan banget smpe sampe media memberitakan terus dan kita terlupa nilai rupiah anjlok dengan dollar.
    padahal mencegah corona adalah dengan cara yg biasa kita lakukan sehari hari ini kyak tips yg di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena virus ini penularannya cepat banget. Efeknya bukanbke manusia aja melainkan ke ekonomi juga, akhirnya satu dollar tembus 16 ribu. Sangat disayangkan sebenarnya.

      Delete