Senator Riri: QRIS Dorong Pertumbuhan Ekonomi


QRIS
SunfloWords.com - Anggota DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief mengucapkan selamat kepada Bank Indonesia yang telah menyelenggarakan Pekan QRIS Nasional 2020 serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 14-15 Maret, kemarin.

Dalam pekan QRIS Gelaran BI di Areal Parkir Bencoolen Mall, kemarin, Senator Muda Indonesia asal Bumi Rafflesia itu tampak berbaur bersama beragam sektor dan lapisan masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

"Era digitalisasi saat ini semua dalam satu genggaman. Kebutuhan kita ada dalam gadget kita. Mau beli makanan, transfer uang, bayar tagihan, zakat, infaq, dan sebagainya sudah bisa kita lakukan melalui smartphone," kata Riri menjelaskan tentang QRIS.

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur mengungkapkan, selain membawa banyak kemudahan, QRIS juga bisa mendorong ekonomi rakyat bergerak melalui sistem pembayaran yang efisien.

"Industri perbankan jeli melihat kondisi ini dan tentunya berperan serta di dalamnya, kecanggihan teknologi menjadikan transaksi non-tunai sebagai langkah efisiensi," paparnya.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana BKKBN Provinsi Bengkulu ini menambahkan, faktor keamanan juga menjadi keunggulan QRIS, meminimalisir resiko kehilangan saat membawa uang tunai, dan tentunya menghindari resiko tertular virus-virus melalui media uang kertas.

"Meski unggul dalam faktor efisiensi dan keamanan, tentunya QRIS memiliki tantangan. Butuh masa transisi baik dari PJSP untuk mempersiapkan layanan maupun bagi masyarakat untuk terbiasa dalam menggunakan model transaksi ini. Bagaimana peran kita semua memberi edukasi melalui sosialisasi sistem ini. Masih minimnya literasi keuangan digital di Indonesia, khususnya kota-kota kecil," ujar Riri Damayanti memberikan saran.

Perempuan yang dinobatkan sebagai Putri Dayang Negeri oleh Masyarakat Adat Tapus Lebong ini membeberkan, tantangan lainnya adalah kondisi daerah-daerah di Bengkulu yang masih kesulitan jaringan internet, mengingat sistem ini sepenuhnya menggunakan akses internet.

"Menghadapi tantangan-tantangan tersebut, sama-sama harus kita giatkan implementasi QRIS satu di provinsi Bengkulu, saya support dan mendukung penuh sistem keuangan digital QRIS, khususnya di Bengkulu. Demi kemudahan bertransaksi, tata kelola keuangan yang baik, UMKM bisa lebih maju, inklusi keuangan di Indonesia lebih cepat dan mendorong peningkatan perekonomian," demikian Riri Damayanti.

Quick Response Code Indonesia Standard atau disingkat QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia untuk memudahkan pembayaran transaksi tunai maupun non-tunai dengan mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Transaksi ini memudahkan seorang pedagang yang mengalami kesulitan dalam menyediakan uang kecil untuk kembalian, mencegah beredarnya uang palsu, kemudahan untuk mengontrol keuangan karena termonitor setiap saat melalui aplikasi smartphone, mengurangi potensi uang hasil penjualan diambil oleh yang tidak berhak, membangun credit profile bagi penyedia pinjaman seperti bank yang akan membuka peluang bagi UMKM untuk pinjaman modal kerja.

Pekan QRIS Gelaran BI di Areal Parkir Bencoolen Mall dihadiri oleh Kepala Perwakilan BI Joni Marsius, Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Hj Yuliswani dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam Pekan QRIS Nasional di Bengkulu ini pihak Bank Indonesia juga memamerkan sejumlah merchant yang melayani pembayaran non tunai di Bengkulu.

Baznas Provinsi Bengkulu bahkan berhasil mengumpulkan Rp5 juta pembayaran non-tunai zakat, infaq, dan sedekah dari para pengunjung yang hadir. [**]

No comments