Yuk! Ketahui 7 Hal Menarik tentang Perpustakaan Nasional

sumber foto: travel.kompas.com
Hai teman, apakah kalian adalah orang yang suka traveling sekaligus suka membaca buku? Nah jika iya, kalian harus banget tahu nih tentang informasi ini.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak jenis wisata misalnya wisata kuliner, wisata sejarah, wisata alam, dan lain-lain. Setiap pelancong atau wisatawan biasa berwisata ke tempat-tempat di indah baik itu di dalam atau di luar negeri.

Namun, ada satu tempat yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan apalagi bagi mereka yang suka membaca buku. Ya, Perpustakaan Nasional adalah tempatnya.

Lantas, kenapa sih tempat ini bagus untuk dikunjungi?

Mengutip Islampos, perpustakaan tidak lagi sekadar menjadi tempat membaca dan mencari buku untuk bahan referensi. Banyaknya inovasi berbasis teknologi, menjadikan perpustakaan sebagai salah satu tempat yang menyenangkan, menarik dan sangat kekinian.

Well, dilansir dari laman Detik berikut beberapa hal menarik tentang Perpustakaan Nasional. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Perpustakaan tertinggi di dunia

Gedung Perpustakaan Nasional merupakan yang tertinggi di dunia yaitu 126,3 meter. Gedung setinggi ini memiliki gedung layanan sebanyak 24 lantai.

2. Lokasinya mudah dijangkau


Perpustakaan Nasional berada di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta Pusat. Lokasinya berhadapan langsung dengan Monas dan tidak jauh dari halte Trans Jakarta. Jadi, turun di Halte Monas dan Halte Balai Kota, Perpustakaan Nasional sudah bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki sedikit saja.

3. Terbuka untuk semua kalangan

Pustaka tak hanya untuk pelajar dan mahasiswa saja, namun untuk semua kalangan. Di Perpusnas, juga ada layanan untuk anak-anak, disabilitas dan juga lansia.

Koleksi buku lengkap, tidak diragukan lagi. Bahkan ada juga naskah kuno, layanan multimedia, audiovisual, buku-buku langka, koleksi mancanegara, ragam pameran dan banyak lagi.

4. Ruangan gratis

Perpustakaan Nasional menyediakan ruangan gratis yang bisa digunakan untuk acara diskusi tentang edukasi, seminar dan kegiatan publik. Di Perpusnas ini terdapat auditorium yang bisa menampung 200 orang, ruang serbaguna berkapasitas 300 orang, dan mini theatre berkapasitas 35 orang.

Namun, untuk bisa memanfaatkan ruangan tersebut, perlu menghubungi pihak perpustakaan untuk memesan tempat dan melihat ketersediaannya terlebih dahulu.

5. Memiliki naskah kuno yang diakui UNESCO

Koleksi Naskah Kuno Perpustakaan Nasional tercatat sebagai Memory Of The World (MoW) UNESCO yaitu Ila Galigo, Naskah Panji, Babad Diponegoro, Kitab Negarakertagama. Naskah ini bisa dilihat di Layanan Koleksi Naskah Nusantara yang ada di lantai 9.

6. Buka sampai malam

Perpusnas buka setiap hari. Layanan dibuka setiap hari Senin-Kamis 08.00- 21.00 WIB, hari Jumat pukul 09.00-21.00 WIB dan Sabtu-Minggu pada pukul 08.00-16.00 WIB.

Nah, bagi teman-teman yang sekadar ingin membaca buku, bisa naik ke lantai 21 hingga 22. Lantai 23 menyajikan buku mancanegara, sedangkan lantai 24 menyimpan buku kisah-kisah nusantara.

Untuk buku, Perpusnas pun menyimpan ribuan buku. Dilihat dari katalog online, terdapat sekira 921.203 judul buku. Itu baru buku fisik, selain itu juga terdapat kurang lebih 1,5 juta artikel digital yang bisa dilihat oleh para mahasiswa untuk keperluan kuliah.

7. Bisa Lihat Jakarta dari ketinggian

Hal lain yang menarik dari Perpusnas adalah di lantai 24. Pengunjung bisa naik ke lantai paling atas yang melayani Koleksi Budaya Nusantara dan Ex-Lounge. Selain membaca buku-buku tentang budaya nusantara, di sini bisa juga melihat Jakarta dari ketinggian. Keren banget.

Di sini tersedia bangku yang bisa digunakan untuk duduk dan mengamati Kota Jakarta, sering juga di lantai 24 ada kegiatan workshop dan pameran.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia