Senator Riri: Gunakan Masker Saat Keluar Rumah


SunfloWords.com - Kian meningkatnya Orang Tanpa Gejala (OTG) ternyata positif Covid-19 membuat penyebaran virus tersebut di tengah-tengah masyarakat semakin masif. Oleh karena itu, sejak Ahad, 5 April 2020, Pemerintah RI resmi mengeluarkan instruksi agar semua orang menggunakan masker.

Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief dalam kurun waktu dua pekan terakhir telah aktif membagikan masker kepada warga tempat ia berdomisili dan para pekerja di lingkungannya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada segenap masyarakat dari semua kalangan yang sejak awal telah berinisiatif membagikan masker kepada warga lainnya yang belum memiliki masker.

"Ada sebagian saudara-saudara kita, terutama yang penghasilannya rendah, tetap harus keluar rumah, jangan lupa pakai masker. Ini langkah penting untuk kita terhindar dari OTG yang mungkin saja sudah positif Covid-19. Lindungi diri, sayangi keluarga, gunakan masker saat keluar rumah," kata Riri Damayanti, Kamis (9/4/2020).

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini menjelaskan, Amerika Serikat telah mengeluarkan instruksi yang sama kepada seluruh warga negaranya agar sebagian besar orang dengan virus corona tidak memiliki gejala (asimptomatik), yang pada akhirnya mengembangkan gejala (pragejala), tidak menjadi penular virus kepada orang lain.

"Masker kain tiga lapis sudah disosialisasikan tidak masalah untuk dipakai oleh warga biasa. Jadi masker bukan hanya untuk petugas medis dan mereka yang sakit. Sering-sering dicuci maskernya setiap 4 jam dengan detergen hingga bersih sebelum dipakai lagi," ujar Riri Damayanti.

Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu memastikan telah mendapatkan sosialisasi dari Gugus Tugas covid-19 bahwa tiga jenis masker yang bisa digunakan masyarakat dan tenaga medis diantaranya adalah masker kain tiga lapis, masker bedah, dan masker N 95.

"Dana APBD, Dana Desa, dan donasi dari seluruh masyarakat Bengkulu salah satunya harus digunakan untuk penyediaan masker untuk mencegah penularan Covid-19. Ini butuh perhatian kita bersama untuk menekan kasus Covid-19 di Bengkulu," imbuh Riri Damayanti.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini mengimbau kepada seluruh warga dapat tetap kompak untuk mengurangi potensi penularan Covid-19 antar orang di wilayah Provinsi Bengkulu.

"Bagi yang punya keterampilan menjahit, ini saatnya menjadi pahlawan dengan banyak-banyak membuat masker tiga lapis, tetaplah di rumah bagi yang tidak berkepentingan di luar rumah, jaga jarak aman, perbanyak cuci tangan dengan sabun, kalau bersin atau batuk pakai etika dengan tutup mulut belakang tangan, dan yang terpenting warga yang mampu bantulah warga yang tidak mampu," tutup Riri Damayanti menegaskan. [**]

No comments