Tingkatkan Solidaritas Hadapi Pandemi yang Mengganas


SunfloWords.com - Kasus covid-19 di Indonesia terus bertambah. Jumlah mereka yang terjangkit virus meningkat setiap hari. Pemerintah dan seluruh masyarakat terus bekerja keras bahu membahu mengatasi virus yang bernama lengkap Coronavirus Disease-2019 (covid-19) tersebut.

Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief mengungkapkan, sejauh ini belum ada yang dapat memastikan kapan virus ini akan hilang dari permukaan bumi.

"Setiap hari saya menerima laporan tentang dampak ekonominya yang mulai terasa, terutama bagi masyarakat bawah, baik di Bengkulu, maupun dari daerah-daerah lain," kata Riri Damayanti, Rabu (1/4/2020).

Perempuan yang diberi gelar Putri Dayang Negeri oleh Masyarakat Adat Tapus ini menjelaskan, pemerintah daerah Bengkulu telah mengerahkan kemampuan terbaiknya dalam menanggulangi penyebaran wabah corona.

"Dalam menanggulangi wabah ini pemerintah telah menegaskan kehadirannya lewat berbagai kebijakan. Solidaritas sesama harus terus kita tingkatkan, karena ekonomi mendatang sangat bergantung pada kemampuan kita sebagai bangsa untuk menghadapi pandemi corona ini," ujar Riri Damayanti.

Alumni Psikologi Universitas Indonesia ini mengajak masyarakat untuk melawan kepanikan dan tetap patuh pada anjuran serta imbauan dari pemerintah.

"Kepanikan justru akan membuat kondisi ekonomi pasar semakin nggak menentu. Mari sama-sama kita budayakan edukasi informasi yang benar dan akurat mengenai covid-19 agar masyarakat menyadari apa yang harus dilakukan di tengah situasi seperti ini, stop hoaks," imbuh Riri Damayanti.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini juga mengajak kaum millenial untuk memanfaatkan waktu berada di dalam rumah dengan kegiatan-kegiatan yang positif misalnya dengan cara memviralkan langkah-langkah pencegahan covid-19 melalui akun media sosialnya masing-masing.

"Tidak perlu keluar rumah kalau tidak penting. Kalau keluar rumah, patuhi kebijakan untuk menjaga jarak yang aman dengan yang lagi sakit. Rajin-rajin cuci tangan dengan air yang mengalir, jaga kebersihan lingkungan, intinya, semua yang dianjurkan untuk menangani virus ini," demikian Riri Damayanti.

Data resmi pemerintah menyebutkan, pasien Covid-19 di Indonesia memang bertambah. Pada Selasa (31/3/2020), total ada 1.528 kasus Covid-19 di Indonesia. Satu pasien positif di Bengkulu dinyatakan meninggal pada hari tersebut.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin (30/3/2020), merilis, sejak sehari sebelumnya, terdapat 6 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh, sehingga total pasien sembuh menjadi 81 orang. [**]

No comments