Ini Manfaat Tidak Pakai Makeup saat #DiRumahAja

sumber gambar: nytimes

Hai teman, tidak terasa ya sudah cukup lama kita #dirumahaja. Apa aja nih aktivitas menyenangkan selama di rumah?


Wah, ada banya yaa. Mulai dari membaca buku, masak, hingga kebersihan. Sebagian besar orang juga kerja dan belajar dari rumah, jadi saya rasa tidak terlalu membosankan walau terus di rumah.


Biasanya hari-hari normal kita akan bergegas dengan rapi saat akan keluar rumah, sekarang justru harus pakai masker.


Para perempuan saat akan keluar rumah biasanya memakai make-up atau riasan wajah, nah selama di rumah aja barangkali banyak yang tidak pakai make-up.


Ternyata nih, dengan tidak memakai make-up saat di rumah aja ada banyak manfaatnya. Penasaran apa aja? Yuk simak penjelasannya yang dilansir dari KlikDokter.


Nah teman, Dokter Devia dari KlikDokter menjelaskan, bahwa salah satu manfaat utama saat kita tidak mengaplikasikan riasan ke wajah selama karantina adalah kulit bisa beristirahat dan bernapas.


Bahkan, kita pun bisa menghemat waktu, tenaga, dan menghemat produk make-up, terutama yang harganya mahal kan yaa.


“Namun, yang perlu diingat di sini, kita tetap harus merawat kulit wajah. Alat makeup bisa diistirahatkan, sementara skincare harus dipakai. Minimal, kita pakai moisturizer dan juga sunblock. Layar ponsel, laptop, tablet, dan televisi itu juga ada sinar UV-nya,” kata Dokter Devia.


Selain itu, masih ada lagi manfaat tidak pakai makeup selama karantina yang bisa dirasakan, misalnya saja beberapa hal ini.


1. Pori-pori  jadi terlihat lebih kecil karena lubang tersebut tidak dipenuhi oleh tumpukan make up dan juga kotoran atau polusi.

2. Iritasi mata, dalam hal ini kondisi mata merah, berair, pedih, dan gatal juga lebih jarang dialami. Sebab, kondisi tersebut biasanya terasa saat kita mengenakan maskara, lensa kontak, eyeshadow, dan juga eyeliner.


3. Garis-garis halus serta noda hitam (proses penuaan yang disebabkan oleh sinar matahari) juga berkurang. Alhasil, kulit lebih terlihat sehat, kencang, dan awet muda.


4. Bakteri di kulit berkurang. Perlu diketahui bahwa salah satu benda yang paling banyak mengandung bakteri adalah peralatan makeup, terutama brush dan spons.


5. Mengurangi risiko kanker dan masalah hormonal. Menurut Lorenzo Cohen, profesor di Pusat Kanker MD Anderson University di Texas, sebagian produk make-up mengandung bahan kimia pengganggu endokrin (EDC) dan menyebabkan masalah hormonal.


Meski tidak keluar rumah, perawatan wajah tetap penting yaa. Hanya saja tidak perlu kayak mau kondangan. Bisa make-up seadanya dan tidak perlu menor, dan jangan lupa tetap skincare-an biar kulit terjaga kebersihannya.


Semoga wabah covid-19 cepat berakhir dan kita semua bisa beraktivitas normal seperti dulu lagi.


No comments