Ini Aturan Naik Pesawat yang Wajib Dipatuhi saat New Normal

sumber gambar: airlineratings.com

Sudah masuk masa new normal tentu kita pun sudah beraktivitas dengan normal namun tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini juga termasuk pada sistem penerbangan atau saat ingin naik pesawat.

Tidak bisa sembarang orang bisa melakukan perjalanan udara di masa new normal. Semuanya ada aturan dan harus dipatuhi, nah agar kita lebih paham yuk simak ulasan yang dikutip dari Klik Dokter berikut ini.

Kriteria Penumpang yang Boleh Melakukan Penerbangan Saat New Normal

Dikutip dari laman Klik Dokter yang dilansir dari Liputan6, salah satu maskapai di Indonesia, Lion Air Group merilis ketentuan yang wajib dipenuhi oleh calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan dengan pesawat selama masa pandemi.

Sesuai Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Coronavirus Disease, menjelaskan beberapa metode tes kesehatan yang wajib dilakukan:

1. Apabila kamu menggunakan tes kesehatan dengan metode rapid test, maka masa berlakunya adalah 3 hari.

2. Apabila tes yang dilakukan adalah tes dengan metode Reverse Transcription-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR COVID-19), maka masa berlakunya adalah 7 hari.

3. Apabila kedua metode tes di atas tidak tersedia di daerah asal, maka calon penumpang harus mendapatkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza dari dokter rumah sakit atau puskesmas.

Aturan Penumpang Pesawat di bandara Saat New Normal

Bila kamu sudah masuk dalam kriteria yang disebutkan tadi, kini saatnya mengetahui aturan penumpang pesawat pada masa new normal.

Dilansir dari CNBC, President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin menjelaskan, ada 10 kebiasaan baru yang wajib diikuti oleh setiap penumpang pesawat, yaitu:

1. Setiap penumpang pesawat maupun pengunjung bandara wajib menggunakan masker.

2. Penumpang pesawat harus sering mencuci tangan selama berada di area bandara maupun pesawat. Bandara-bandara Angkasa Pura II telah menyediakan banyak mesin otomatis hand sanitizer.

3. Penumpang harus menerapkan physical distancing di check point tanpa perlu diingatkan.

4. Calon penumpang pesawat harus menjalani PCR test dengan hasil negatif, atau rapid test dengan hasil non-reaktif COVID-19.

5. Penumpang membawa dokumen perjalanan sebagai syarat terbaik untuk diperiksa di bandara saat keberangkatan.

6. Penumpang tiba di bandara 2-3 jam lebih awal dari jadwal penerbangan.

7. Penumpang lebih memilih layanan touchless untuk menghindari risiko penularan.

8. Penumpang wajib melakukan pengukuran suhu sebelum keberangkatan dan kedatangan.

9. Melakukan self check-in sebagai pilihan proses check-in calon penumpang.

10. Transaksi cashless sebagai pilihan penumpang bandara.

Peraturan bagi Maskapai Penerbangan di Masa New Normal

Bukan hanya untuk penumpang, maskapai penerbangan yang melakukan perjalanan ke luar kota juga memiliki aturannya sendiri.

Dalam Surat Edaran Dirjen Perhubungan Udara No. 13 Tahun 2020, pesawat bisa mengangkut penumpang berkisar 70-100%, tergantung pada jenis armadanya.

Dalam SE itu, dijelaskan bahwa penerbangan tetap wajib menerapkan prinsip jaga jarak di dalam pesawat udara kategori jet transport narrow body dan wide body.

Pesawat ini biasanya digunakan untuk kegiatan udara niaga berjadwal dalam negeri, sesuai konfigurasi tempat duduk dan pengaturan kursi penumpang.

Maskapai juga wajib menyediakan area kabin paling sedikit tiga baris kursi dalam satu sisi untuk pesawat udara kategori jet transport narrow body dan wide body yang tidak boleh dijual. Ini digunakan untuk penanganan penumpang atau awak pesawat dengan gejala COVID-19 di pesawat.

Secara rinci, aturan ini juga berisi ketentuan bagi penumpang saat sebelum, sedang, dan sesudah terbang.

Sebelum penerbangan, maskapai wajib mensosialisasikan ketentuan dan prosedur pengangkutan penumpang dalam masa kegiatan masyarakat produktif dan aman dari COVID-19, sesuai protokol kesehatan.

Adapun aturan lainnya yang wajib diikuti awak maskapai, seperti:

- Para kru yang bertugas wajib menggunakan masker dan mengawasi penggunaan masker oleh penumpang.

- Mengingatkan penumpang untuk selalu jaga jarak.

- Mengingatkan penumpang untuk menyiapkan dokumen-dokumen perjalanan dan kewajiban mengisi HAC saat tiba di bandara tujuan.

- Awak kabin yang bertugas harus menggunakan peralatan personal protection equipment, face shield, dan mengurangi kontak dekat yang tidak perlu.

- Awak pesawat mengatur proses turun penumpang, sehingga tetap menjamin pelaksanaan jaga jarak.

Dilansir dari Klik Dokter, kalau kamu merupakan calon penumpang sangat disarankan untuk memastikan diri kamu sehat dan tidak mengalami sakit sebagai hal utama yang wajib diperhatikan sebelum bepergian.

Jika kamu merasa tidak enak badan, maka sebaiknya tunda dulu perjalanannya. Ini berguna untuk mencegah tubuh terserang virus penyebab penyakit selama berada di pesawat.

Harap diperhatikan yaa, kalau mau akan bepergian naik pesawat. Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan.

No comments