Senator Imbau Aktivitas Rutin Berjalan Sesuai Protokol Covid-19



SunfloWords.com - Sejumlah pemerintah daerah telah mengeluarkan izin kembali aktivitas dilakukan di tempat-tempat umum seperti masjid dan perkantoran setelah beberapa bulan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengimbau agar pengawasan terhadap aktivitas rutin yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat tetap berjalan agar sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19.

"Seperti yang sudah diedarkan pemerintah untuk kantor tetap dibatasi minimal hanya 50 persen dari total karyawan yang boleh masuk. Sisanya tetap di rumah," kata Riri Damayanti, Senin (8/6/2020).

Tak hanya itu, Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini berharap pemerintah, terutama pemerintah daerah, dapat memasifkan sosialisasi mengenai berbagai aturan pola kehidupan baru di tengah-tengah masyarakat dengan menggandeng media online yang tumbuh subur di daerah-daerah.

"Kalau sosialisasi ini masif, insya Allah kesadaran masyarakat akan tergugah untuk menyadari pentingnya tetap gunakan masker, bawa hand sanitizer, jaga jarak, jaga kebersihan, bawa alat ibadah sendiri, dan lain-lain," ungkap Riri Damayanti.

Di samping itu, Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini juga berharap pemerintah daerah dapat menggandeng universitas atau perguruan tinggi di daerahnya masing-masing terutama untuk melakukan riset terhadap Covid-19. 

"Biar ada terobosan-terobosan yang berarti dalam penanganan Covid-19 di daerah masing-masing. Kalau banyak inovasi alat-alat kesehatan, obat-obatan dan lain-lain dari daerah untuk penanganan pandemi semacam ini, ke depan pasti kita lebih siap," tukas Riri Damayanti.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini menambahkan, saat ini jumlah kasus Covid-19 memang meningkat, namun kesembuhan pasien yang terinfeksi juga kian hari terus bertambah.

"Sudah banyak yang dinyatakan pulih. Yang dirawat juga sudah menunjukkan trend yang positif. Tapi jangan jadikan ini alasan untuk melemahkan pengawasan pencegahan penularan virus dari orang ke orang. Apalagi untuk lansia, bisa sangat berbahaya," demikian Riri Damayanti. 

Sekadar informasi, kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Kemarin, Ahad (7/6/2020), tercatat ada 31.186 kasus infeksi virus corona di seluruh Indonesia.

Dari jumlah total tersebut, sebanyak 1.851 orang meninggal dunia, 10.498 orang sembuh, dan lebih dari 18.000 orang masih menjalani perawatan.

Sejak awal Covid-19 ada di Indonesia, sebanyak 32 orang dokter juga menjadi korban meninggal dunia karena Covid-19. Uniknya, mayoritas bukan yang bertugas menangani pasien infeksi virus corona. [**]

No comments