Hari Remaja Internasional dan Tiga Tantangan Milenial

 
SunfloWords.com - Dunia tengah memperingati Hari Remaja Internasional, sebuah perayaan yang ditetapkan oleh PBB setiap 12 Agustus untuk merayakan hal-hal yang berkaitan dengan remaja, serta untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dan informasi yang ada.

Senator muda Indonesia asal Bengkulu, Hj Riri Damayanti John Latief, menuturkan, sedikitnya terdapat tiga tantangan untuk remaja di Bengkulu yang patut mendapatkan perhatian dalam peringatan Hari Remaja Internasional 2020 ini.

Pertama, jelas Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu itu, mendorong partisipasi milenial dalam mendukung Indonesia kuat melawan pandemi Covid-19.

"Saya optimis Indonesia akan mampu melewati pandemi dengan baik ketika milenial ikut ambil bagian meningkatkan kemauan masyarakat untuk disiplin menerapkan langkah pencegahan seperti jaga jarak fisik dan di rumah saja. Dengan inovasi dan kreatifitasnya, milenial Indonesia pasti bisa," kata Riri Damayanti, Rabu (12/8/2020).

Tantangan kedua, Dewan Penasehat DPD Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Provinsi Bengkulu itu memaparkan, bagaimana menekan penyalahgunaan narkotika di kalangan remaja yang terus meningkat.

Berdasarkan data terbaru milik Badan Narkotika Nasional (BNN) terjadi peningkatan sebesar 24 hingga 28 persen remaja yang menggunakan narkotika.

"Narkoba akan menghancurkan masa depan siapa saja. Milenial harus sadar ini. Jangan pernah termakan bujuk rayu siapapun yang ngajak untuk menggunakan Narkoba. Sayangi pemakai dengan cara mengajaknya bertobat, bukan dengan ikut-ikutan," pesan Riri Damayanti.

Ketiga, Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu pentingnya untuk terus mengingatkan remaja tentang pentingnya kesehatan reproduksi.

"Sekarang banyak yang cemas, remaja banyak yang belum paham tentang kesehatan reproduksi. Saya lihat angka-angkanya. Angka kawin muda tinggi, aborsi juga meningkat, penderita infeksi menular Seksual di kalangan remaja makin mengkhawatirkan. Ini tantangan yang cukup serius," sampai Riri Damayanti.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini mengajak generasi milenial untuk menyadari pentingnya peran mereka dalam berbagai program pembangunan bangsa ke depan.

"Kalau milenial punya kualitas yang mumpuni kini, Indonesia bisa jadi negara terkemuka. Semoga saja," demikian Riri Damayanti.

Perayaan Hari Remaja Internasional di Indonesia dimulai sejak tahun 2000 dan setiap tahunnya memiliki tema tertentu seputar dunia remaja kesehatan, kemiskinan, hingga perubahan iklim secara keseluruhan. [**]

2 comments

  1. iya, pandemi menjadi tantanga baru. Ancaman narkoba belum tuntas sudah ada ancaman baru berupa virus

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali, ada banyak tantangan di masa kini...

      Delete