10 Manfaat 'Me Time' untuk Kesehatan





Hai teman-teman, apa yang kalian lakukan ketika penat dengan pekerjaan? Nah, meluangkan waktu untuk melakukan hal yang disenangi sendirian biasa disebut 'me time'.

Me time sangat diperlukan supaya kita bisa bisa menyegarkan diri dan menikmati banyak hal yang tidak dapat kita lakukan ketika berada di kantor atau sedang bersama orang lain.

Me time juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mengutip KlikDokter berikut penjelasannya.

1. Pikiran Menjadi Lebih Jernih

Deadline pekerjaan atau pertengkaran dengan pasangan tentu bisa membuat pikiran kalut. Padahal, otak juga butuh beristirahat agar dapat berfungsi dengan baik.

Manfaat me time membuatmu fokus pada diri sendiri tanpa adanya gangguan dari orang lain. Pikiran pun menjadi lebih jernih sehingga kamu lebih fokus dalam berpikir untuk menyelesaikan masalah.

2. Lebih Kreatif

Banyak orang memilih untuk bekerja di malam hari saat sedang sendirian. Pentingnya waktu untuk diri sendiri dapat memunculkan ide kreatif yang lebih banyak ketimbang saat kamu bersama orang lain.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Washington University, Amerika Serikat, orang yang memikirkan ide sambil berkelompok cenderung memiliki lebih sedikit ide ketimbang orang yang menyendiri untuk mencari ide, lalu bekerja berkelompok.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Apakah kamu merasakan rileks setelah melakukan creambath atau refleksi? Jika ya, kamu tidak sendirian. Manfaat me time yang diisi hobi menyenangkan akan membuatmu menjadi santai. Kamu pun akan menjadi lebih bahagia sesudahnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh European Heart Journal, seseorang yang memiliki perasaan bahagia akan mengalami penurunan risiko penyakit jantung hingga 22 persen.

4. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Manfaat me time ikut berperan terhadap kemampuan bersosialisasi. Saat melakukan me time, kamu bisa saja bertemu dengan orang yang satu hobi. Nah, menjalin relasi baru membuat kemampuan komunikasi, memahami diri, dan rasa percaya dirimu meningkat.

5. Bertemu dengan Orang-orang Baru

Menghabiskan waktu sendiri untuk melakukan kegiatan tanpa orang terdekat atau orang yang dikenal juga bisa termasuk me time. Contohnya, kamu bisa berlibur atau menonton bioskop sendirian.

Manfaat me time memungkinkan untuk bertemu orang-orang baru dengan hobi yang sama denganmu. Lalu, kamu pun akan membangun relasi baru dengan orang tersebut.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Manfaat me time dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan oleh efek me time sendiri yang dapat membuat bahagia, lalu pada akhirnya bisa berdampak baik terhadap daya tahan tubuh.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychosomatic Medicine, orang yang memiliki emosi positif, berupa perasaan bahagia, berenergi, dan tenang cenderung lebih jarang terkena penyakit flu. Tentunya emosi positif tersebut bisa diperoleh setelah menghabiskan waktu sendirian.

7. Menurunkan Tingkat Stres

Salah satu manfaat me time adalah untuk menghilangkan stres. Melakukan hobi atau kegiatan yang disukai tanpa gangguan orang lain dapat menurunkan tingkat stres. Dengan demikian, risiko terkena berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung pun akan berkurang.

8. Memperbaiki Hubungan dengan Orang Lain

Interaksi sosial dengan orang lain terkadang menimbulkan rasa jenuh. Akibatnya, masalah-masalah pun tak dapat dihindarkan, entah terhadap orang tua, teman, atau pasangan.

Manfaat me time dapat membantumu menenangkan diri sendiri. Bila sudah kembali tenang, kamu bisa kembali berinteraksi dan memperbaiki hubungan dengan orang lain.

9. Meningkatkan Konsentrasi

Saat mengalami kepenatan atau bahkan merasa buntu ketika mengerjakan sesuatu, tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak dan meluangkan waktu untuk diri sendiri. Manfaat me time dapat membantu kamu untuk kembali berkonsentrasi.

10. Lebih Produktif

Memiliki pekerjaan atau tugas yang menumpuk pastinya akan terasa sangat melelahkan. Beristirahat sejenak dari rutinitas yang padat akan sangat baik untuk meningkatkan produktivitas kita setelahnya. Jadi, jangan terus memaksakan diri, ya.

No comments