Berkebun di Masa Pandemi Covid-19

Eva Destrianti
Hai teman-teman, apa saja yang kalian lakukan selama pandemi? Adakah yang berkebun menanam sayur atau bunga? Selama pandemi dengan segala keterbatasan aktivitas di luar rumah, saya berkebun di halaman.

Bersama nenek kos, saya menanam bunga. Ada pula pepaya dan tanaman lainnya. Namun yang spesial adalah bibit Bunga Hortensia atau Bunga Pancawarna yang saya tanam di pot hijau sedang. Masuk dalam genus Hydrangea, Bunga Pancawarna ini adalah salah satu tanaman hias yang populer di kalangan masyarakat.
  
Warna batangnya coklat, tapi kalau masih muda seperti bibit yang saya tanam itu warna batangnya hijau. Bunga ini termasuk mudah tumbuh atau hidup, jadi untuk merawatnya tidak perlu perhatian ekstra. Menurutku cukup sekadarnya saja seperti memerhatikan tanah dan menyiramnya.

Bunga Hortensia atau Pancawarna ini merupakan tanaman hias yang berasal dari Jepang, Himalaya, Tiongkok, Indonesia, serta Amerika Selatan dan Amerika Utara. Bunga Pancawarna memang sangat terkenal di Jepang, namun bibit yang saya tanam ini asli berasal dari Indonesia yang dibudidayakan di Malang.


 
Uniknya, warna Bunga Pancawarna menyesuaikan pH tanah. Warna bunga ini ada yang biru, ungu, merah muda, putih, merah, hijau, dan lainnya menyesuaikan pH tanah. Untuk daunnya sendiri cukup tebal dan lebar serta bergerigi.

Oh iya, saya sedang tidak pakai masker karena hanya di halaman rumah yaa. Kalau keluar rumah harus pakai masker dong, harus cuci tangan dan jaga jarak karena pandemi masih belum pergi. Di tengah wabah kita memang harus pandai menjaga kesehatan diri dan keluarga, tidak hanya masalah makanan yang harus diperhatikan, tapi kebersihan juga sangat penting, bahkan kesehatan mental juga harus tetap stabil.

Hadirnya wabah virus corona memang menimbulkan banyak kerugian luar biasa, tapi semoga kita tetap semangat dan dapat mengambil hikmahnya.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia