Hari Perdamaian Internasional, Momentum Jaga Persatuan Bangsa


SunfloWords.com - Seluruh dunia tengah memperingati Hari Perdamaian Internasional atau World Peace Day. Setiap tahunnya pada tanggal 21 September yang bertepatan dengan hari ini, Jumat (21/9/2020).

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengutarakan, Indonesia terus berpartisipasi aktif dalam perdamaian dunia sebagaimana amanat Pembukaan UUD 1945.

"Semua manusia ingin damai, tenang dan aman. Tidak terkecuali Indonesia. Indonesia terus mendukung kemerdekaan Palestina, mengirim anggota untuk menjadi pasukan perdamaian, turun ke kawasan konflik bersama pasukan perdamaian PBB," kata Riri Damayanti.

Wakil Ketua Bidang Organisasi BKMT Dewan Masjid Indonesia Provinsi Bengkulu ini memberikan saran, guna mempertegas arah politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif, pemerintah harus lebih banyak bersikap atas konflik yang tengah terjadi di dunia dengan menitikberatkan pada solidaritas antarnegara berkembang, mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa, menolak penjajah, dan meningkatkan kemandirian.

"Sekarang tren pemberitaan dunia bisa dilihat konflik antar negara meningkat. Khususnya China dan Amerika Serikat. Dalam hal ini Indonesia harus ambil peran aktif menjalankan politik damai dan bersahabat dengan segala bangsa atas dasar saling menghargai dengan tidak mencampuri urusan negara lain," papar Riri Damayanti.

Perempuan manis bergelar Putri Dayang Negeri ini menjelaskan, tak hanya konflik di luar, konflik di dalam negeri pun harus dapat diselesaikan dengan damai.

"Di dalam negeri ada gejolak di Papua Barat. Pendekatan damai harus diambil terhadap masyarakat yang ingin memisahkan diri dari Indonesia. Jangan ada perlakuan jahat yang bisa merusak nilai-nilai kemanusiaan," tegas Riri Damayanti.

Anggota Kaukus Perempuan Parlemen RI ini mengajak semua pihak yang tengah berkonflik untuk mengikuti imbauan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres yang menyerukan gencatan senjata global.

"Gudangkan semua senjata dan fokuskan energi untuk melawan musuh bersama umat manusia di seluruh dunia, pandemi Covid-19. Belum ada yang tahu kapan pandemi ini berakhir. Jangan sampai ada pihak-pihak yang makin membuat runyam situasi saat ini," imbau Riri Damayanti.

Rilis International Day of Peace mengatakan bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mendeklarasikan Hari Perdamaian Dunia ini sebagai hari yang dikhususkan untuk memperingati dan memperkuat cita-cita dunia perdamaian baik di dalam maupun di antara semua bangsa-bangsa.

Untuk melanjutkan misi Hari Perdamaian tersebut, PBB memperbanyak teksnya dengan resolusi asli pada tahun 2001, kemudian menetapkan tanggal 21 September sebagai hari peringatannya. Hari Perdamaian ditujukan untuk mengingatkan semua orang berkomitmen pada Perdamaian di atas semua perbedaan dan untuk berkontribusi dalam membangun Budaya Perdamaian. [**]

No comments