Hari Sumpah Pemuda, Senator: Bersatu dan Bangkit dari Jurang Resesi


SunfloWords.com -
Tanggal 28 Oktober merupakan hari yang istimewa bagi pemuda Indonesia teriring diperingatinya Hari Sumpah Pemuda. Tahun ini, sumpah fenomenal ini diperingati setelah 92 tahun lamanya.

"Bersatu dan bangkit Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia kita semua. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Dengan bersatu, insya Allah Indonesia bisa bangkit dari jurang resesi akibat pandemi," kata Senator Muda Indonesia, Hj Riri Damayanti John Latief, Rabu (28/10/2020).

Sumpah pemuda dicetuskan pada 28 Oktober 1928 dengan isian: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putrid Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

"Di masa pandemi ini pemuda dituntut untuk meningkatkan kreatifitas agar bisa melewati berbagai tantangan yang kian membesar. Jangan sesali PHK yang terjadi di mana-mana. Ciptakan karya baru, lapangan kerja baru, bangkit dan bersatu, bergotong royonglah untuk Indonesia," ungkap Riri Damayanti bersemangat.

Sebagai generasi yang melek teknologi dan informasi, Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai itu melanjutkan, pemuda mesti senantiasa siap mengadaptasi bisnisnya dengan sistem new normal.

"Inovasi adalah kebutuhan mendesak saat ini agar ekonomi bisa berjalan stabil dan mampu melewati pandemi. Tatap masa depan dengan optimis. Jangan takut gagal dan dalam pembangunan jangan hanya menjadi penonton," papar Riri Damayanti.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini juga meminta pemuda agar menjadi teladan bagi seluruh masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan.

"Dulu pemuda berjuang dengan darah dan air mata. Sekarang pemuda harus mempertahankannya dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Demi Indonesia, pandemi ini harus kita hadapi dengan semangat dan gagah berani," tegas Riri Damayanti.

Sekedar tambahan informasi, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020 di tengah masa pandemi digelar secara virtual se-Indonesia sesuai petunjuk dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia Nomor: PP.02.02/10.26.1/SET.D-II/X/2020.

Peringatan tersebut dilaksanakan di setiap instansi pemerintah disesuaikan dengan kondisi setempat dan tetap wajib mengedepankan protokol kesehatan.

Kemudian, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga memberikan petunjuk melalui surat nomor: 001/5898/sj agar setiap perkantoran harus memasang atribut logo dan tema HSP di setiap perkantoran dan tempat strategis lain, baik dalam bentuk spanduk, baliho, dan lainnya.

Tema Hari Sumpah Pemuda ke-92 adalah ‘Bersatu dan Bangkit' dengan makna pemuda Indonesia tidak boleh bercerai-berai, di mana meskipun berbeda-beda, Pemuda Indonesia tetap satu, menjaga semangat gotong royong dalam menghadapi berbagai masalah, di antaranya menghadapi situasi pandemi covid-19. [**]

No comments