Senator Riri: Selamat Hari Santri Nasional 2020


SunfloWords.com -
Pahlawan nasional KH Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945 mengeluarkan seruan berupa perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca Proklamasi kemerdekaan.

Untuk mengingat momen bersejarah tersebut pemerintah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional sebagaimana yang tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang ditandatangani pada 15 Oktober 2015 di Mesjid Istiqlal Jakarta.

"Selamat Hari Santri Nasional 2020. Mari kita lawan pandemi covid-19 dengan meneladani kehidupan santri. Santri sehat Indonesia kuat," kata Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, Hj Riri Damayanti John Latief, Kamis (22/10/2020).

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Pengembangan Kelembagaan BKMT Dewan Masjid Indonesia Bengkulu ini menjelaskan, santri selalu memberikan kontribusi yang positif untuk Indonesia sejak sebelum negara ini merdeka dan sesudahnya.

"Semangat juang santri untuk membela negeri selalu tinggi. Tak gentar terhadap musuh apapun. Penjajah dihadapi dengan berani. Pandemi diatasi dengan iman yakin. Tidak takut kepada siapa-siapa kecuali hanya kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Semangat ini perlu sekali diaplikasikan dalam hidup sehari-hari," ujar Riri Damayanti.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini menjelaskan, dampak negatif globalisasi tidak mampu menembus tembok-tembok pesantren tempat santri-santri digembleng menjadi sosok yang beriman dan mandiri.

"Narkoba, mabuk-mabukan, nongkrong-nongkrong untuk hal yang sia-sia, kenakalan remaja, dan kebiasaan buruk lainnya sangat jauh dari kehidupan santri. Bahkan kejujuran santri sangat diperlukan untuk membereskan Indonesia dari korupsi dan kolusi," papar Riri Damayanti.

Dewan Penasehat DPD Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Provinsi Bengkulu ini berharap pengembangan pesantren tidak pernah berhenti hingga senantiasa sesuai dengan kebutuhan pembangunan di Indonesia.

"Berdasarkan riset Profesor Revany Bustami, Lektor Kepala Universiti Sains Malaysia (USM), nanti di era revolusi industri 5.0, agama akan kembali berperan dalam memimpin sains. Saya yakin ke depan santri akan pegang peran besar untuk menyelesaikan permasalahan global," demikian Riri Damayanti.

Santri sehat Indonesia kuat diangkat sebagai tema dalam peringatan Hari Santri Nasional 2020 tahun ini. Tema tersebut diangkat berdasarkan kondisi pandemi covid-19 yang tengah melanda dunia saat ini.

Kementerian Agama (Kemenag) merilis banyak pesantren yang telah berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan dampak pandemi Covid-19.

Keberhasilan itu tidak terlepas dari tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri, serta keteladanan dan sikap kehati-hatian para kiai dan pimpinan pesantren. [**]

No comments