7 Tips Meningkatkan Konsentrasi agar Aktivitas dan Pekerjaanmu Lancar


Adakah yang sulit sekali untuk konsentrasi? Jika ada, kamu sedang membaca tulisan yang tepat. Semoga bisa membantumu yaa, yuk simak tipsnya di bawah ini.


1. Hilangkan kebisingan dan gangguan dari lingkunganmu
Diperlukan waktu kurang lebih 15 menit untuk bisa konsentrasi hingga benar-benar terfokus. Dengan demikian, jika ada gangguan terus-menerus di sekitarmu akan sulit sekali untuk fokus.

2. Perjelas tujuan untuk setiap pekerjaan
Jika kamu tidak tahu apa yang kamu lakukan, atau apa yang ingin kamu capai, kemungkinan besar akan berputar-putar atau jalan di tempat, dan hanya membuang-buang waktu.

3. Mengelompokkan pekerjaan
Bagi beberapa hal besar atau bidang yang luas menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, lalu rencanakan bagaimana kamu akan mengerjakan masing-masing bidang tersebut.


4. Tentukan deadline
Tetapkan batas waktu yang masuk akal untuk setiap porsi tugas - dan juga untuk menyelesaikan proyek akhir. Itu akan membantu menghentikan kamu membuang-buang waktu untuk hal yang tidak perlu; dari berkeliaran di jalan buntu, dan dari menunda-nunda.

5. Perjelas tentang persyaratan untuk setiap tugas
Misalnya, pedoman apa yang harus kamu ikuti? Standar atau kualitas pekerjaan apa yang diharapkan? Seberapa mendetail pengetahuan kamu? Jika kamu menulis sebagai tugas, berapa panjangnya, dan gaya serta format apa yang diperlukan?

6. Menyendiri
Seringkali, yang terbaik adalah jika kita mengunci diri kita sendiri, dan menghindari orang lain, ketika kita benar-benar perlu bekerja. Temukan tempat untuk bersembunyi, atau beri tanda di pintu- untuk sementara jika tidak penting, tolak untuk berbicara dengan siapa pun sampai pekerjaan selesai!

7. Selesaikan masalah yang mengganggu
Misalnya nih, kamu sedang banyak pekerjaan di kantor, tetapi pagi tadi kamu melihat pesan misterius di ponsel pacarmu sehingga kamu curiga. Akhirnya jadi kepikiran dan sulit konsentrasi pada pekerjaan, ada baiknya selesaikan dulu masalah yang mengganggu tersebut. Ini diperlukan supaya tidak mengganggu pekerjaanmu dan menyita konsentrasimu.

Biasanya, ada juga hal-hal pendukung yang menyebabkan seseorang bisa konsentrasi. Saya contohnya, bisa konsentrasi jika keadaan tenang sambil mendengarkan musik sendu yang nyaman. Intinya, balik lagi ke gaya masing-masing, tips di atas hanya sebagai saran. Good luck :)

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia