Cara Aman Menebalkan dan Melentikkan Bulu Mata


Hai teman, perempuan biasanya setiap berdanda memakai maskara untuk menebalkan bulu mata. Nah, sebenarnya ada cara agar bulu mata kita tebal dan lentik secara alami dan aman tentunya. Yuk, simak penjelasan cara-caranya yang dikutip dari Klikdokter.com di bawah ini.


1. Menyisir Bulu Mata

Faktanya, nutrisi dan minyak untuk menunjang pertumbuhan bulu mata terletak di akarnya. Menyisir akan mempercepat penyebaran berbagai nutrisi tersebut ke batang hingga ujung bulu mata.

Untuk menyisir bulu mata, kamu dapat menggunakan sisir maskara yang sudah dibersihkan. Sisirlah bulu mata secara rutin, setidaknya dua kali sehari.

2. Penggunaan Serum Bulu Mata

Untuk menyempurnakan stimulasi setelah disisir, penting pula untuk menggunakan serum agar bulu mata dapat tumbuh lebat dan lentik. Kamu dapat menggunakan serum bulu mata yang dijual di pasaran. Carilah yang memiliki label BPOM agar lebih aman.

Serum dapat digunakan langsung pada akar bulu mata, lalu disapu hingga ujung-ujungnya. Hati-hati, jangan sampai masuk mata karena akan terasa perih.

3. Hindari Penjepit Bulu Mata dan Bulu Mata Palsu

Penggunaan penjepit dan bulu mata palsu memang dapat membuatnya lentik sesaat. Tapi, juga harus tahu akibat yang dapat ditimbulkan jika terlalu sering melakukan kedua hal tersebut.

Penjepit bulu mata dapat merusak struktur bulu mata, membuatnya rapuh, dan mudah patah. Sementara itu, lem bulu mata dapat merusak akar rambut dan mengganggu pertumbuhannya.

4. Hindari Keriting Bulu Mata atau Extension di Salon

Ada cara menebalkan bulu mata dan membuatnya lentik instan, yaitu dengan mengeriting atau extension di salon.

Ketika mengeriting bulu mata, ada zat kimia yang sifatnya iritan. Zat ini bisa merusak akar dan batang bulu matamu.

Sedangkan, extension akan menempelkan helaian bulu mata sintetis pada bulu mata asli. Alih-alih membuatnya lebat, bulu mata asli malah bisa rontok dan botak.

5. Mengonsumsi Cukup Protein

Mengonsumsi makanan yang tinggi protein dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan rambut dan bulu mata.

Makanan sehat yang tinggi protein, contohnya ikan, telur, kacang-kacangan, dan yoghurt.

Di antara semua makanan berprotein, kedelai adalah yang terbaik. Kacang kedelai mengandung berbagai vitamin yang berguna untuk menunjang lebatnya pertumbuhan bulu mata.

6. Kompres Teh Hijau

Teh hijau diketahui banyak mengandung flavonoid, isoflavon, dan antioksidan lain yang baik untuk kesehatan rambut.

Selain mengonsumsinya sebagai minuman, teh hijau juga dapat digunakan sebagai kompres bulu mata.

Caranya, gunakan cotton bud yang sudah dicelupkan ke dalam teh hijau. Kompres bagian bulu mata selama beberapa menit, dan bilas dengan air mengalir setelahnya.

7. Menggunakan Kemiri

Kemiri telah digunakan sejak dahulu untuk melebatkan rambut. Rempah dapur ini bisa juga digunakan untuk melebatkan dan menghitamkan bulu mata, lho.

Kemiri dapat digerus, kemudian dioleskan pada akar hingga batang bulu mata. Diamkan beberapa menit dan bilas hingga bersih setelahnya.

8. Serum Alami Minyak Zaitun

Minyak zaitun sebagai serum alami untuk bulu mata juga telah banyak digunakan. Caranya, celupkan ujung sisir maskara yang telah dibersihkan ke dalam minyak zaitun. Sisir dari arah akar hingga ke ujung bulu mata. Diamkan semalaman, dan bilas saat esok paginya.

9. Memanfaatkan Lidah Buaya

Lidah buaya kaya akan vitamin serta asam amino. Agar manfaatnya dapat dirasakan, dapat mengoleskan gel lidah buaya dari akar hingga ujung bulu mata menggunakan sisir maskara atau cotton bud.

Jika malas menggunakan lidah buaya asli, sekarang sudah banyak dijual gel lidah buaya siap pakai. Pastikan membeli produk yang berlabel BPOM agar kualitasnya dan keamanannya terjamin.

10. Rajin Bersihkan Bulu Mata

Selalu bersihkan bulu mata setelah berpergian, apalagi jika kamu menggunakan make up. Sisa kotoran bisa jadi sarang kutu atau bakteri, yang dapat menyebabkan infeksi pada area mata. Jika terjadi infeksi, bulu mata bisa mengalami kerontokan.

Bersihkan bulu mata menggunakan cairan khusus, atau dengan mencuci wajah menggunakan produk perawatan yang tepat.

No comments