Selamat Hari Ayah Nasional, Nakhoda Rumah Tangga yang Gagah

 
SunfloWords.com - Mulai diperingati sejak empat tahun lalu di Balai Kota Solo, hari ini Indonesia memperingati Hari Ayah Nasional. Dalam momen berharga, khalayak meramaikannya dengan mengungkapkan rasa sayang dan hormat kepada ayah.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief tak ingin melewatkan momen berharga ini begitu saja. Pada Kamis (12/11/2020), buah hati John Latief dan Leni Haryati tersebut mengisi waktunya dengan berkumpul bersama keluarga.

"Selamat Hari Ayah Nasional 2020. Salam saya untuk seluruh ayah Indonesia," kata Riri Damayanti.

Di tengah pandemi covid-19, alumni SD Negeri 8 Kota Bengkulu ini menuturkan, beban seorang ayah menjadi lebih berat dari yang sudah-sudah, dengan adanya pembatasan sosial, rendahnya daya beli masyarakat, hingga ancaman resesi.

"Ayah-ayah harus bekerja lebih keras di tengah pandemi, namun dengan hasil yang jauh berkurang pada masa normal. Apalagi profesinya yang memang menuntut untuk mobile. Pas pulang ke rumah harus dihantui rasa cemas apakah membawa virus atau tidak. Sampai di sini saja saya berani bilang Hari Ayah ini tidak bisa diabaikan begitu saja," terang Riri Damayanti.

Setiba di rumah, Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini melanjutkan, ayah masih memiliki kewajiban untuk mendampingi anak-anak untuk belajar dan berbagi peran dengan istri untuk mengelola rumah tangga.

"Positifnya tetap ada, ayah jadi punya hubungan emosional yang lebih baik dengan anak-anak. Semoga seluruh ayah Indonesia diberikan kemampuan untuk menjadi nakhoda dalam mengendalikan bahtera kehidupan rumah tangga di tengah ganasnya badai corona," papar Riri Damayanti.

Alumni Psikologi Universitas Indonesia ini menambahkan, banyak penilitian menunjukkan ketika ayah bisa menggunakan perannya secara maksimal untuk mendidik anak, sang anak akan punya kecerdasan yang lebih baik ketimbang anak yang tidak mendapatkan sentuhan peran ayah dalam kesehariannya.

"Harapan saya hal ini bukan jadi beban, tapi bisa menjadi motivasi buat setiap ayah, dampingi istri, bagi peran dengan baik. Sehingga anak-anak Indonesia bisa tumbuh dengan perkembangan yang optimal," demikian Riri Damayanti. [**]

No comments