6 Tips Mengurangi Stres Secara Alami


Meskipun stres cenderung dipandang sebagai masalah mental daripada fisik, sebenarnya ada banyak cara stres kronis (alias jangka panjang) berdampak negatif pada tubuh secara fisik. Pelepasan hormon stres yang berkepanjangan berdampak pada:
- Kekebalan menurun dan kemampuan untuk melawan atau menyembuhkan dari penyakit juga menurun
- Kram perut, refluks dan mual
- Meningkatnya tekanan darah, detak jantung dan risiko penyakit jantung
- Masalah suasana hati, termasuk kemarahan dan depresi
- Kelelahan dan sulit tidur
- Kehilangan libido dan penurunan kesuburan
- Meningkatkan penyimpanan lemak dan mengganggu isyarat lapar

Tips mengurangi stres secara alami

Well, walaupun tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan penyebab stres modern tanpa harus berhenti dari pekerjaan kita, ada untungnya! banyak metode efektif untuk mengurangi stres dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasinya. Berikut 6 tips mengatasi stres secara alami yang dilansir dari fourwellness.

1. Tidur nyenyak


Bak pepatah, kita tidak bisa menuangkan air dari cangkir kosong. Kualitas tidur adalah bagian penting dari kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan, dan sangat penting untuk membangun ketahanan yang diperlukan untuk mengelola stres.

Kurang tidur (baik karena kurang tidur atau tidak mencadangkan cukup waktu dalam jadwal tidur) adalah salah satu penyebab meningkatnya rasa stres sekaligus menurunkan kemampuan alami untuk mengatasi stres itu sendiri.

Orang yang mengalami stres kronis sering kali mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak — baik sulit tidur (karena kesulitan menenangkan pikiran) dan / atau kesulitan tidur (terbangun di tengah malam, tidak dapat tidur kembali). Bangun di tengah malam biasanya disebabkan oleh terlalu banyak kortisol ("hormon stres") dalam aliran darah. Kadar kortisol secara alami memuncak di pagi hari untuk membangunkan kita, tetapi terlalu banyak dapat menyebabkan puncak lebih awal dan panggilan bangun dini.

2. Tetap aktif


Bergerak dengan cara tertentu setiap hari bukan hanya bagian dari gaya hidup sehat secara fisik, tetapi juga gaya hidup sehat secara mental. Aktivitas fisik sedang yang teratur (seperti berjalan ribuan langkah sehari) membantu memerangi stres. Dan, berkeringat melalui olahraga adalah salah satu metode paling efektif untuk menghilangkan kelebihan kortisol di aliran darah.

3. Membuat jurnal atau diary


Praktik membuat jurnal dan membuat daftar hal-hal yang kita syukuri setiap pagi dan / atau malam dapat berdampak besar pada tingkat stres secara keseluruhan (dan dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak juga!).


4. Meditasi


Meditasi terkadang dianggap sebagai solusi untuk stres. Meskipun ini tentunya merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan selama masa stres, meditasi sebenarnya bekerja lebih baik sebagai pencegahan.

Latihan kesadaran diri yang teratur (bahkan hanya lima menit sehari) saat belum stres dapat menimbulkan keajaiban dalam menurunkan tingkat stres dan meningkatkan ketahanan kita saat masa-masa stres datang tiba.

5. Makan dengan baik


Kita semakin banyak belajar tentang bagaimana makanan yang kita makan memengaruhi kesehatan mental kita, termasuk kemampuan kita untuk mengelola dan mengatasi stres. Tetapi ilmu pengetahuannya jelas: menjaga pola makan yang sehat dan seimbang yang penuh dengan makanan segar yang segar dan membatasi makanan yang menyebabkan peradangan (seperti gula) Dapat membantu tubuh dan pikiran kita berjuang keras untuk menghadapi masa-masa sulit.

6. Bersenang-senang


Setiap pekerjaan atau aktivitas yang membosankan, sering membuat orang akhirnya stres! Dalam gaya hidup kita yang serba cepat dan sibuk, terkadang kita lupa untuk bersenang-senang dan menikmati 'me time'. Baik itu bermain dengan hewan peliharaan, mengikuti kelas menari atau menyanyi, dan menyempatkan untuk menonton acara TV favorit, pastikan kamu meluangkan waktu setiap hari untuk bersenang-senang yaa.


No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia