Hari Juang Kartika, Bersama TNI-AD Lawan Pandemi


SunfloWords.com
- Momen spesial bagi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) jatuh pada hari ini, Selasa (15/12/2020). Pasalnya momen yang dikenal dengan Hari Juang Kartika ini menjadi momen paling heroik ketika Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin Jenderal Soedirman berhasil memukul mundur pasukan negara-negara sekutu yang hendak menjajah kembali Indonesia.

Bagi Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief, momen heroik tersebut sangat relevan dengan upaya TNI yang saat ini tengah mengerahkan kekuatannya untuk memerangi pandemi covid-19 yang mendera dunia.

"Saya lihat sendiri, TNI-AD gencar bergerilya di tengah-tengah masyarakat untuk mengawasi penggunaan protokol pencegahan covid-19 di berbagai daerah. Semangat TNI-AD sangat membantu upaya masif pemerintah untuk menghentikan penularan covid-19," kata Riri Damayanti.

Perempuan dengan gelar Anak Suku Adat Tiang Empat dari Masyarakat Adat Pematang Tigo ini menyatakan sepakat dengan survei yang menyebutkan TNI merupakan institusi paling tepercaya selama pandemi virus korona.

"Saat pandemi, TNI selalu terlibat mulai dari pengawasaan saat PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), mengerahkan tenaga medis, hingga menjaga perbatasan negara," ujar Riri Damayanti.

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini berharap masyarakat terus bersama-sama TNI dalam memenangkan peperangan melawan penyebaran covid-19 di Tanah Air.

"Sampai saat ini belum diketahui kapan pandemi berakhir. Ramalan-ramalan ada, tapi kapan pastinya belum. Untuk itu saya imbau mari bersama-sama TNI terapkan protokol kesehatan dengan baik," paparnya.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini menambahkan, konsistensi, kedisiplinan dan kepekaan adalah beberapa hikmah besar yang dapat dipetik dari semangat Pertempuran Ambarawa yang akhirnya diperingati sebagai Hari Infanteri atau Hari Juang Kartika TNI-AD.

"Jangan sampai korban terus berjatuhan. Apalagi pandemi ini bukan satu-satunya masalah yang dihadapi saat ini. Ada masalah ancaman bencana, krisis pangan dan sebagainya. Mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada TNI, bangsa Indonesia dan umat manusia melewati berbagai ujian-ujian ini," demikian Riri Damayanti.

Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat diperingati setiap tahun pada tanggal 15 Desember yang dilatari oleh peristiwa bersejarah di kota Ambarawa yang kemudian banyak dikenal dengan sebutan Palagan Ambarawa. [**]

No comments