3 Tips Mencegah dan Menghindari Gigitan Nyamuk saat Camping


Apa kalian suka dengan kegiatan di alam seperti camping? Saya termasuk orang yang suka menikmati keindahan alam, salah satunya dengan camping. Sayangnya tidak bisa dilakukan rutin karena kesibukan lain menyita waktu.


Camping memiliki banyak manfaat, tak hanya untuk refreshing namun juga membuat kita lebih dekat dengan alam. Ketika camping, kita hendaknya tetap menjaga alam sekitar, jangan sampai merusaknya yaa.

Beberapa momen yang saya suka ketika camping adalah dapat menghirup udara segar tanpa bergelut dengan polusi kendaraan, seru ketika menyantap hidangan seperti mi cup di alam, lalu saat malam hari dan menghidupkan api unggun kecil.

 

Baca juga: Jangan Lupakan 3 Hal Ini Saat Camping - Dijamin Pasti Lebih Seru dan Tak Terlupakan


Melakukan kegiatan seperti camping memang menyenangkan, namun tentu ada beberapa hal yang dikhawatirkan, salah satunya adalah bagaimana agar tidak digigit nyamuk? Kadang di rumah saja nyamuk suka sekali menggigit, apalagi ketika berada di alam yang banyak rumput, semak, dan pepohonan.

Nah, untuk mencegah dan menghindari gigitan nyamuk, 3 tips ini akan membantumu. Yuk, simak penjelasannya!

Berikut beberapa kiat yang mudah diikuti:

1. Kenakan pakaian yang tepat


Penting untuk memerhatikan pakaianmu ketika beraktivitas di alam, apalagi untuk camping. Kenakanlah pakaian panjang, longgar, dan berwarna terang.

Pastikan pakaian menutupi tubuh sebanyak mungkin. Nyamuk bisa menggigitmu jika mengenakan pakaian ketat seperti jeans atau legging - jadi pilihlah pakaian yang longgar.

Jika bepergian atau berlibur dengan anak-anak terutama bayi dan balita, gunakanlah kelambu anti nyamuk untuk mereka.

2. Obat nyamuk


Gunakan obat nyamuk yang mengandung DEET (dietil toluamida) atau picaridin. Pertimbangkan untuk menggunakan obat nyamuk bakar di luar. Namun harus tetap hati-hati, jangan sampai tendamu kebakaran.

Ikuti petunjuk pada label penolak nyamuk yang digunakan. Saat ini ada banyak jenis obat nyamuk yang bisa dibawa saat camping, tetap perhatikan petunjuk penggunaannya yaa.

3. Singkirkan sumber nyamuk


Nyamuk-nyamuk nakal berkembang biak di air tenang. Jadi lihat sekeliling tempatmu camping dan kosongkan air dalam wadah (sekecil apa pun) dan/atau tutupi benda-benda yang menampung air.

Hal yang sama berlaku untuk kano atau perahu jika ada di dekat tempatmu camping - perhatikan dan bersihkan sehingga tidak bisa menampung air. Kemudian pertimbangkan untuk memasang jaring anti nyamuk jika memang diperlukan.

Nah, itulah tiga tips yang bisa mencegah dan membantumu menghindari gigitan nyamuk. Tetap jaga keamanan dan kesehatan saat beraktivitas di alam yaa.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia