9 Kebiasaan Baik yang Patut Dikembangkan


Sebagian orang dalam kesehariannya memiliki rutinitas yang terarah, sebagian lagi mengalir mengikuti arus. Namun, bagaimanapun kita menjalani hari-hari, beberapa kebiasaan baik ini patut dipertimbangkan untuk dikembangkan.

1. Menentukan tujuan harian


Kita harus dapat menjaga goals atau tujuan dalam keseharian kita tetap realistis dan dapat dicapai. Hal inilah yang akan memberi arahan agar kita tidak membuang-buang waktu. Singkatnya, kita harus dapat menentukan target; apa yang harus dicapai hari ini?

2. Membaca buku dan tulisan inspiratif


Buku adalah jendela dunia, banyak pengetahuan yang bisa didapatkan dengan membaca buku. Namun, tidak hanya dari buku saja melainkan tulisan di internet bisa juga dijadikan referensi bacaan yang menyenangkan.

3. Tetap update


Nah, biar tidak ketinggalan informasi tentulah harus update. Misalnya teknologi terbaru apa yang diluncurkan, masalah apa yang viral di negeri ini, dan lain sebagainya. Mendapat informasi dari orang lain juga tak masalah, selama jangan menggosipkan keburukan dan kelemahan seseorang yaa.

4. Menjaga komunikasi


Dengan keluarga, sahabat, teman sekolah, atau teman kantor, sebab kita tidak tahu kebaikan apa yang akan kita dapatkan dengan tetap menjaga komunikasi. Walau hanya dengan klik "suka" di Facebook, atau pesan teks singkat, tidak ada salahnya menyampaikan bahwa mereka penting bagi kita.

5. Investasikan waktu dan kesehatan


Apa yang kita kerjakan sekarang akan menuntun kita menuju masa depan, waktu yang dimiliki saat ini haruslah dimanfaatkan dengan baik. Dan juga jangan lupakan untuk selalu menjaga kesehatan, ini amat penting.

6. Perhatikan prioritasmu


Lakukan terlebih dulu apa yang paling penting dan menjadi prioritasmu. Misalnya, hari ini kamu diajak seorang teman untuk jalan-jalan, namun kamu sangat lelah karena semalam lembur kerja, maka prioritasmu adalah istirahat.

7. Senyum


Senyum kebahagiaan yang terpancar bisa membuat orang lain juga merasa bahagia. Itu memberikan kesan positif pada orang-orang terhadap kita, dan juga cenderung memperbaiki suasana hati, serta membuat kita juga merasa jauh lebih baik. Jangan lupa senyum yaa.

8. Merapikan diri


Saat ingin bekerja, bertemu teman, bepergian, atau aktivitas lainnya sangat baik jika kita merapikan diri. Tapi, jika sedang sendirian dan rasa malas gerak atau mager datang, sesekali tidak masalah kok! Rileks saja.

9. Me Time


Luangkan waktu untuk diri sendiri saat perlu bersantai, melepas lelah, memulihkan diri, dan mengisi ulang energi. Me time sangat penting, sebab kita memang perlu sejenak menepi dari hiruk pikuk dunia yang membuat pusing kepala.

Pada akhirnya, 9 hal ini adalah nasihatku pada diri sendiri. Mungkin tidak semuanya bisa langsung dilakukan, namun akan tetap diusahakan. Berproses menjadi lebih baik memang sulit, tapi bukan berarti tidak bisa selamanya. Dan ini berlaku bukan hanya untuk diriku saja, tetapi untuk kalian juga!

7 comments

  1. Wah mmg baik bgt ini dipraktikkan dlm kehidupan sehari2. Mmg kita hrs punya target kebaikan setiap harinya ya Mbk, agar waktu tak sia2 digunakan. ☺

    ReplyDelete
  2. Langkah 1-9 sepertinya perlu saya coba ditengah situasi yang cukup menyita banyak waktu karena pekerjaan. Pilihan ke 9 menjadi point ya ditunggu

    ReplyDelete
  3. Sepakat banget. Aku juga lagi berusaha menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik kaya yang udah Eva tulis di atas. Masih berusaha buat konsisten sih :))

    ReplyDelete
  4. Duuh bagus semua resolusi dirinya....patut dicontoh deh

    ReplyDelete
  5. Yang paling sederhana itu menurut aku senyum. Karena juga menebar bahagianya buat orang lain.

    ReplyDelete
  6. Perlu di catat nih kebiasaan baiknya. Biar hidup kita gak flat gitu-gitu aja alias hampa atau hambar.

    ReplyDelete
  7. tetap update ini iyah dong, update status lah yah, hahaha. terima kasih atas remindernya ,

    ReplyDelete