Apa Harapanmu di Tahun 2021?


Sesulit apapun keadaan kita di tahun 2020, faktanya waktu terus melaju tanpa mau menunggu sejenak saja. Secara pribadi, saya bersyukur sudah bertahan sampai saat ini, sebab di tahun 2020 ada banyak hal yang sudah mencambuk sedemikian rupa hingga hati dipenuhi luka.
 
Saya paham, bukan hanya saya yang menderita. Selain tentang masalah pribadi yang dihadapi sendiri, orang-orang sedunia menderita karena wabah virus corona atau covid-19. Pandemi yang sudah mengobrak-abrik dunia benar-benar menorehkan luka.

Di tahun 2021 ini saya berharap kita semua bisa bangkit dan menjadi orang yang lebih kuat lagi. Jadi, agar fokus dan terarah, ada baiknya menuliskan atau menetapkan hal-hal yang ingin dicapai di tahun ini. Dan inilah saya dengan lima harapan terbesar di tahun 2021.

1. Meningkatkan Ibadah


Tidak dapat dipungkiri bahwa grafik iman menjadi turun naik. Futur, tidak hanya saya yang mengalami, melainkan banyak orang. Kadang karena sibuk ibadah jadi seadanya, terkadang kondisi down atau patah semangat hingga menyebabkan ibadah terganggu.

Di tahun ini, saya ingin memperbaiki diri. Tentu, perbaikan ini selalu dilakukan dan menjadi harapan di setiap tahun. Namun, balik lagi... manusia memang ladangnya khilaf. Kalau tahun lalu salat wajib kadang tidak tepat waktu pas azan, tahajud, dhuha, dan tilawah sering bolong, semoga tahun ini bisa selalu on time dan tidak bolong kecuali halangan. Sedekah dulu juga ala kadarnya, dan semoga di tahun ini bisa lebih banyak lagi. Dan peningkatan ibadah lainnya semoga terlaksana di tahun ini kemudian berlanjut di tahun-tahun berikutnya, aamiin.

2. Rutin Menulis Konten Positif


Eiittss, bukan positif covid-19 yaa, hehee... maksudnya konten positif di media sosial seperti Blog, Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain. Karena tahun lalu saya termasuk jarang menulis, maka tahun ini harus rutin.

Saya berniat untuk melaksanakan tekad menulis di blog one day one post, ini akan menghadapi banyak tantangan namun akan saya usahakan untuk dilaksanakan. Sementara untuk konten Instagram, juga diusahakan sebaik mungkin, lalu Twitter dan Facebook mengalir saja, terlebih Facebook saya sebenarnya tidak cukup aktif.

3. Menulis dan Menerbitkan Minimal Satu Buku


Ini selalu menjadi harapan di setiap tahun, saya tidak ingin berhenti menulis buku. Jika tahun lalu sudah ada beberapa buah buku yang terbit, semoga saja di tahun ini juga bisa. Dan kali ini saya ingin menargetkan penerbit mayor.

Sebelumnya memang semua buku saya di penerbit indie, memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri pun ada kekurangannya. Begitu pula dengan penerbit mayor, tapi tahun ini mau mencoba ke penerbit mayor dulu. Namun, jika ternyata nanti ada keadaan ketika di penerbit indie lebih baik maka tidak menutup kemungkinan akan ke penerbit indie lagi.

4. Memulai Bisnis?


Duh, saya beri tanda tanya sebab ini lagi-lagi sebatas harapan seperti tahun lalu. Saya kesulitan memulai karena ada beberapa kendala, dan di tahun ini semoga saja tidak ada lagi kendala dan harapan ini bisa saya jalankan.

Saya tuh tidak menguasai marketing, jadi sepertinya harus menggali ilmu bisnis terlebih dulu kemudian baru deh memulai langkah untuk membangun bisnis. Bisa jadi pakaian, makanan, kosmetik, dan sebagainya. Semoga Tuhan berkenan memberikan modalnya dan memampukan saya membangun sebuah usaha, aamiin.

5. Menikah?


Duh, saya kasih tanda tanya lagi karena belum yakin 100% hehee. Panjang banget ini kalau dijabarkan, eh... ini kan termasuk ibadah, harusnya di nomor 1, tapi pembahasannya saya pisahkan menjadi nomor 5. Menikah butuh persiapan, lahir batin, ilmu, modal, dan banyak lagi. Yang paling penting adalah calon pendamping wkwk.

Saat ini masih belajar menguasai segalam macam teori yang ada di buku ataupun seminar-seminar, saya tidak mau main-main, lagian siapa juga yang mau main-main perihal pernikahan yaa. Kejam sekali kalau ada. Bersama seseorang yang mencintai dan menerima segala kebaikan dan keburukan kita itu benar-benar istimewa, saling melengkapi, menjadi pasangan sehidup sesurga, seseorang yang bisa dijadikan teman diskusi, saling mendukung, dan saling-saling lainnya. Yang utama adalah bersama-sama mendekatkan diri pada Allah.

Secara garis besar, itulah lima harapan saya di tahun 2021. Selebihnya Allah yang mengatur, saya hanya bisa memaksimalkan usaha dan doa. Masih ada banyak harapan lain seperti: ingin kuliah atau belajar lagi, ingin traveling ke luar negeri, bantu Mama dan Bapak meningkatkan keuangan menjadi lebih baik lagi, ganti Hp, ganti laptop, dan lain-lain. Sangat banyak.

Sebagaimana saya menginginkan harapan-harapan baik saya menjadi kenyataan, saya pun berharap demikian untuk teman-teman. Semoga Allah berkenan mengabulkan, aamiin.

Tetap semangat ya teman-teman, mari kita selalu saling mengingatkan jika melakukan kesalahan atau keburukan. Dan semoga kita semua diberi kesehatan lahir dan batin serta Allah mampukan untuk berusaha mencapai harapan-harapan kita. Well, terakhir jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yaa. Insya Allah pandemi perlahan usai dan pergi.


27 comments

  1. Semoga harapannya bisa terkabulkan semua ya Mba di 2021 ini 😇
    Btw keren banget Mba udah nulis beberapa buku, kayaknya aku sampe sekarang masih angan2 aja tuh nerbitin buku 🤣
    Ditunggu lho Mba buku terbarunya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, alhamdulillah...
      InsyaAllah nanti lanjut nulis hehee, semangat berkarya mbaa...

      Delete
  2. Aamiin semoga harapannya terwujud,
    Aamiin juga semoga pandemi cepet selesai,
    Selalu berusaha dan berharap walau hasilnya sering tidak tepat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, iya kita usaha dan doa dulu... Allah Yang Maha Tahu hal2 terbaik buat kita semua

      Delete
  3. Wah menarik nih, tapi dari sisi lainnya kenapa felling ku berkata kalau itu resolusi nya dibalik kak, 5 jadi 1 semoga disegerakan diberikan yang berbaik menurut pilihan Rabb Aamiin.

    ReplyDelete
  4. kalau aku bisa meningkatkan iman dan takwa tentunya

    ReplyDelete
  5. Aku ingin meningkatkan iman dan ketakwaan mbk dan tertarik juga yang no4 untuk memulai bisnis, untuk memulai bisnis itu di sertai dengan niat yang kuat dan mental yang kuat ya mbk. Sama yg no 5 semoga mbk di segerakan mendapatkan jodoh aamiin hehhe

    ReplyDelete
  6. Aku cuma pengen istiqomah aja... kalo bisa soal kapasitas diri meningkat, kalo gk ya yg pnting jgn turun gitu...
    Trus dunia sehat2 seperti sedia kala..

    ReplyDelete
  7. Aamiin yarabbal'alamiin
    tulisan yang baik penuh harapan dan do'a. semoga semua tercapai sesuai yang diinginkan. barakallah untuk kehidupanmu yang lebih baik.

    ReplyDelete
  8. Yg ke limaaa.. huhu.. memang butuh mental yg kuat kalo mau nikah. Smoga ditahun 2021 semua keinginan segera tercapai ya dek

    ReplyDelete
  9. dengan punya harapan atau goals semoga kita semakin semangat buat mengejar harapan kita ya kak

    ReplyDelete
  10. Wahhh semoga tercapai semua ya harapannya di tahun ini. Aku udah bikin resolusi juga, cuma belum ku rapiin. Rencananya mau diposting di blog juga sebagai reminder. hehe.

    Semangat yahh mencapai semua harapan-harapannya :))

    ReplyDelete
  11. Moga semua resolusi 2021 nya terwujud semua ya mbak. Yang penting semua diniatkan untuk ibadah:-)

    ReplyDelete
  12. Wish yang terakhir juga pengen aku adopsi jadi wish ku deh kak haha. Terlebih wish buat konten positif, kudu di cambuk ma motivasi biar rajin nulis lagi haha

    ReplyDelete
  13. Resolusi aku di 2021, punya laptop baru dari hadiah ngeblog. hahaha.. sampai suami aku knanyain tiap hari, udah dapat belum hadiah laptopnya? xD semoga terwujud ya kak resolusinya di 2021 ini

    ReplyDelete
  14. Ikut meng-aamiin-kan semua harapan besar ini, semoga terwujud sesuai keinginan.

    ReplyDelete
  15. Aku aamiinkan semuanya mbak. tapi yang paling penting semoga disegerakan menikahnya. karena itu juga bagian dari ibadah yang utama.

    ReplyDelete
  16. Semoga seluruh targetnya bisa tercapai ya Kak. aamiin. Kalau soal nomor 5, yakin Kak, berdoa yg kuat dan yakini untuk ibadah, insyaAllah dimudahkan, hehe (curhat zaman dlu).

    ReplyDelete
  17. semoga terwujud semua harapannya di tahun 2021 ini ya kak.. aamiin..

    ReplyDelete
  18. aaamin, i hope it be able and you get best. and then i have goal too, wanna buy the new cars dan be able go to hajj with my family. aamiin

    ReplyDelete

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia