Miliki Kulit yang Sehat dan Bersinar dengan 5 Tips Ini


Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat? Tentu kita semua mau, karena itu banyak upaya dilakukan untuk menjaganya. Seperti dalam keseharian kita menggunakan hand body lotion, itu adalah bentuk usaha untuk menjaga kulit.


Tak jarang pula sebagian besar orang langsung perawatan ke klinik untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Namun perlu diingat untuk tidak berlebihan yaa, jangan sampai begitu terobsesi hingga setiap produk dicoba dan menguras uang belanja yang sangat banyak.

Sesuatu yang berlebihan tidak baik, jika terlalu banyak mencoba berbagai macam produk, ditakutkan kulit justru iritasi. Nah, biar terarah dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, berikut lima tips yang dilansir dari mayoclinic.org.


1. Lindungi diri dari sinar matahari


Salah satu cara terpenting untuk merawat kulit adalah dengan melindunginya dari sinar matahari. Paparan sinar matahari seumur hidup dapat menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan dan masalah kulit lainnya - serta meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk perlindungan terhadap sinar matahari, lakukan beberapa langkah ini:

- Gunakan tabir surya
Gunakan tabir surya spektrum luas dengan SPF minimal 15. Oleskan tabir surya dan gunakan kembali setiap dua jam - atau lebih sering jika sedang berenang atau berada di pantai.

- Cari tempat teduh
Hindari matahari antara jam 10 pagi dan 4 sore, saat sinar matahari paling kuat.

- Kenakan pakaian pelindung
Tutupi kulit dengan kemeja lengan panjang yang ditenun rapat, celana panjang, dan topi bertepi lebar. Pertimbangkan juga bahan tambahan untuk cucian, yang memberi pakaian lapisan tambahan perlindungan ultraviolet untuk sejumlah pencucian, atau pakaian pelindung matahari khusus - yang secara khusus dirancang untuk menghalangi sinar ultraviolet.

2. Jangan merokok


Merokok membuat kulit terlihat lebih tua dan memicu kerutan. Merokok mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit, yang menurunkan aliran darah dan membuat kulit lebih pucat. Ini juga menghabiskan oksigen dan nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit.

Merokok juga merusak kolagen dan elastin - serat yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit. Selain itu, ekspresi wajah berulang yang dilakukan saat merokok - seperti mengerutkan bibir saat menghirup dan menyipitkan mata untuk mencegah asap - dapat menyebabkan kerutan.

Selain itu, merokok meningkatkan risiko kanker kulit sel skuamosa. Jika kamu merokok, cara terbaik untuk melindungi kulit adalah dengan berhenti merokok. Tanyakan kepada dokter tentang tip atau perawatan untuk membantu agar bisa berhenti merokok.

3. Rawat kulit dengan lembut


Pembersihan dan pencukuran rambut halus di kulit setiap hari bisa berdampak buruk pada kulit. Agar tetap lembut lakukan hal ini:

- Batasi waktu mandi
Air panas dan mandi yang lama menghilangkan minyak dari kulit. Batasi waktu mandi, dan gunakan air hangat - bukan air panas.

- Hindari sabun yang kuat
Sabun dan deterjen yang kuat dapat menghilangkan minyak dari kulit. Sebaliknya, pilih pembersih yang lembut.

- Cukur dengan hati-hati
Untuk melindungi dan melumasi kulit, oleskan krim cukur, losion atau gel sebelum bercukur. Untuk pencukuran terdekat, gunakan pisau cukur yang bersih dan tajam. Cukurlah sesuai dengan arah tumbuhnya rambut, bukan berlawanan.

- Tepuk-tepuk hingga kering
Setelah mencuci atau mandi, tepuk-tepuk atau tepuk-tepuk kulit dengan lembut menggunakan handuk agar kelembapan tetap ada di kulit.

- Melembabkan kulit kering
Jika kulit Anda kering, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk pemakaian sehari-hari, pertimbangkan pelembab yang mengandung SPF.

4. Konsumsi makanan yang sehat


Pola makan yang sehat dapat membantu tampil dan merasa baik. Makan banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Hubungan antara diet dan jerawat tidak jelas - tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet kaya minyak ikan atau suplemen minyak ikan dan rendah lemak tidak sehat dan karbohidrat olahan atau olahan dapat membuat kulit tampak lebih muda. Minum banyak air membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

5. Kelola stres


Stres yang tidak terkontrol dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif dan memicu munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Untuk mendorong kulit yang sehat - dan pikiran yang sehat - ambil langkah-langkah untuk mengelola stres.

Tidur yang cukup, tetapkan batasan yang masuk akal, kurangi daftar tugas dan luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai. Hasilnya mungkin lebih baik dari yang diharapkan.

Nah, lakukanlah lima hal tersebut untuk mendapatkan kulit tubuh yang sehat dan cantik. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada temanmu yaa.

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia