Perdana Nyobain Bikin Seblak, Ternyata Gampang Banget


Hai teman-teman, semoga kalian semua dalam keadaan sehat yaa... hampir satu minggu di tahun 2021, apa saja yang sudah dilakukan? Sudahkah kalian membuat resolusi? atau mengalir saja mengikuti waktu?
 

Apapun itu, semoga yang terbaik dihadirkan untuk kita semua. Awal tahun ini saya akhirnya praktek langsung bikin seblak. Setiap nanya teman, alih-alih diajari justru pada jawab mudah banget dan sebagian emang ngga mau berbagi resepnya.

 

Saya sangat menyukai makanan pedas, tapi nggak level dewa juga pedasnya hehee. Sejak seblak menjadi viral dan saya mencobanya, sejak itu pula saya sangat suka. Lihat di YouTube emang kayaknya mudah banget, tapi saya takut gagal kalau langsung nyoba bikin.

 

Nah, kemarin akhirnya nyobain juga bikin seblak. Pertama-tama saya ke halaman belakang untuk mencongkel cekur atau kencur yang di tanam dalam pot. Saya juga mengambil sedikit jahe, setelah dibersihkan saya masukkan ke blender bersamaan dengan bawang merah, bawang putih, cabe merah biasa, cabe rawit secukupnya.

 

Oh iya, untuk seblak atau kerupuk basahnya saya rendam terlebih dulu tapi jangan sampai lembek karena akan dimasukkan ke dalam kuah dengan bumbu.

 

Saat menumis bumbu halus, saya juga memasukkan serai biar wanginya semerbak. Tambahkan air satu gelas setengah lalu masukkan garam dan gula. Jika sudah mendidih campurkan juga satu buah telur yang sudah dikocok, aduk sebentar kemudian masukkan seblak yang sudah direndam tadi, tambahkan pula sayur dan potongan sosis.

 

Saya hanya memakai bahan-bahan itu sebab pelengkap seperti tahu, telur, ceker, dan lain-lain lagi kosong di kulkas. Terakhir tambahkan penyedap secukupnya.

 

Karena selama ini di kos, saya rada malas untuk mencari bahan-bahannya di pasar. Saat pulang dan semua bahan ada, ternyata gampang banget bikinnya, dan hasil akhirnya juga enak... tak kalah dari kebanyakan seblak yang selama ini saya cicipi. Duh, bikin nagih wkwk.

 

Apa kalian juga pernah bikin seblak di rumah? Bagi cerita yuk :)


No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia