Tingkatkan Ketahanan Lingkungan dengan Program Kampung Iklim


SunfloWords.com
- Maraknya alih fungsi lahan, aktivitas perkebunan dan pertambangan, serta semua proyek pembangunan dapat mengganggu ekosistem, memicu bencana alam dan mengancam kualitas hidup manusia di masa depan. Bila tak diantisipasi, persoalan ini akan menjadi masalah besar di kemudian hari.
 
Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, salah satu cara paling efektif untuk mengantisipasi rusaknya ekosistem adalah mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam meningkatkan ketahanan lingkungan.
 
Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini menilai, salah satu terobosan pemerintah yang cukup penting dan dapat mendorong lahirnya partisipasi aktif masyarakat dalam meningkatkan ketahanan lingkungan adalah Program Kampung Iklim (Proklim).
 
"Bengkulu beberapa kali berhasil keluar sebagai pemenang dalam program kampung iklim ini. Ini bagus dan saya lihat akan terus dipertahankan. Sebagai anggota DPD RI, saya berharap di Bengkulu program ini diperbanyak," kata Riri Damayanti, Selasa (19/1/2021).
 
Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini menjelaskan, banyak keuntungan yang bisa dipetik bila pemerintah daerah bersikap aktif memperbanyak program ini di semua kabupaten/kota.
 
"Banyak-banyak ajukan usulan pendirian kampung iklim ini. Saya minta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan dukungan moril dan materil agar kampung iklim ini bisa menjadi contoh untuk lahirnya terobosan-terobosan lainnya yang lebih bermanfaat dan berdampak luas," ungkap Riri Damayanti.
 
Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini memaparkan, isu pemanasan global telah lama menjadi tantangan dalam mengoptimalkan komoditas pertanian.
 
"Bagusnya program kampung iklim ini dapat disesuaikan dengan kondisi lapangan dan kultur budaya daerah. Jadi tidak kaku. Semakin banyak berdirinya kampung-kampung iklim, akan banyak daerah yang segar dan rapi. Bengkulu akan semakin membetahkan untuk ditempati," ujar Riri Damayanti.
 
Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini menambahkan, program kampung iklim memang tampak seperti gerakan sederhana, namun bila dilakukan secara masif bisa berdampak besar terhadap perubahan iklim nasional.
 
"Saya dapat laporannya, di beberapa daerah program ini memberikan kontribusi nyata untuk mengurangi dampak pemanasan global. Masyarakat terlibat menanam pohon, tidak membuang sampah sembarangan dan kawasannya jadi asri. Saya kira ini harapan bersama," demikian Riri Damayanti. [**]

No comments