Bungou Stray Dogs, Anime dengan Nama Karakter Terinspirasi dari Sastrawan di Dunia Nyata


Apa kamu suka menonton anime atau membaca manga? Jika iya, wah... kita sama dong! Namun, saya lebih sering menonton anime daripada membaca manga. Genre yang paling saya sukai adalah action, super power, mystery, shounen, demons, supernatural, fantasy, dan historical. Salah satu contohnya adalah Bungou Stray Dogs, mendengar atau membaca judul ini tentu tak asing lagi di kalangan penikmat anime.
 
Untuk diketahui, Bungo Stray Dogs merupakan salah satu anime yang paling populer di Jepang, ada tiga season, film, dan sekarang Bungou Stray Dogs Wan! atau karakter versi chibi sedang tayang. Salah satu hal yang membuat anime ini populer adalah nama karakter dan kemampuannya terinspirasi dari penulis asli atau nyata yang terkenal dalam periode waktu yang berbeda.
 
Tak hanya karakter utama Atsushi Nakajima, Osamu Dazai dan timnya, tetapi juga karakter pendukung lain termasuk yang antagonis. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.


1. Atsushi Nakajima



Karakter utama nih, awal kemunculannya pas kelaparan setelah berhari-hari dikeluarkan dari panti asuhan. Atsushi berperan sebagai protagonis utama di anime Bungo Stray Dogs dan merupakan anggota ADA atau Armed Detective Agency (Agen Detektif Bersenjata). Meskipun Atsushi masih bergumul dan berjuang dengan harga diri yang rendah karena bertahun-tahun penganiayaan masa kecil, bergabung dengan ADA memberinya kepercayaan diri yang besar.

Dia ingin menyelamatkan semua orang dan membenci kematian dan pembunuhan. Kemampuan Atsushi, "Beast Beneath the Moonlight," memungkinkan dia untuk berubah menjadi harimau putih, yang dia pelajari untuk dikendalikan dan diterapkan ke berbagai bagian tubuhnya.

Pada kenyataannya, Atsushi Nakajima adalah seorang penulis Jepang yang paling terkenal dengan cerpennya "Tiger Poet," di mana seorang pria berwujud harimau, berubah dari keadaan hewan menjadi manusia dengan tetap menjaga kemanusiaan dan kemampuannya untuk berbicara.

2. Osamu Dazai



Dazai merupakan anggota Agen Detektif Bersenjata tetapi sebelumnya ia adalah Eksekutif Port Mafia. Dia cerdik dan sangat cerdas meskipun berbanding terbalik dengan kelakuannya. Di Port Mafia, Dazai adalah orang yang sadis dan dingin, tetapi bergabung dengan ADA memunculkan sisi lain dirinya.

Karakter satu ini sering mencoba dan gagal bunuh diri dengan cara yang konyol, ia juga sering meminta wanita cantik untuk mati bersamanya. Saat bertemu dengan Atsushi yang kelaparan, dia sedang bunuh diri di sungai namun gagal. Kalau dipikirkan, tentang bunuh diri ini sedih dan mengerikan, namun dalam anime Bungo Stray Dogs justru sebaliknya. Tingkah konyol Dazai yang terobsesi dengan bunuh diri justru tampak lucu.

Kemampuan Dazai, “No Longer Human,” memungkinkan dia untuk meniadakan kemampuan orang lain dengan menyentuhnya. Nyatanya, Osamu Dazai adalah salah satu penulis fiksi terkemuka Jepang abad ke-20. Novelnya, No Longer Human, adalah novel klasik modern di Jepang dan dianggap sebagai mahakaryanya. Dia dan kekasihnya, Tomie Yamazaki, bunuh diri bersama. Karyanya hebat dengan kisah hidup yang pilu di waktu bersamaan.

3. Doppo Kunikida



Kunikida adalah anggota Agen Detektif Bersenjata. Dia melakukan pekerjaannya dengan sangat serius, Kunikida memegang reputasi agensi di atas segalanya. Dia menghargai semua kehidupan manusia, bahkan para penjahat, dan akan melakukan yang terbaik untuk menghindari pembunuhan siapa pun. Dazai sangat suka menjahili Kunikida yang sangat serius ini.

Kemampuannya, "Doppo Poet," memungkinkan Kunikida untuk mewujudkan objek yang tertulis di halaman buku catatannya. Kemampuan ini memiliki keterbatasan dan tidak berfungsi jika objek lebih besar dari buku catatan Kunikida.

Pada kenyataannya, Doppo Kunikida adalah seorang novelis dan penyair Jepang selama periode Meiji. Ia dianggap sebagai salah satu penemu naturalisme Jepang, meskipun ia juga mencoba-coba genre romansa.

4. Ryuunosuke Akutagawa



Saingan Atsushi jadi murid terbaik Dazai, Akutagawa adalah anggota Port Mafia dan memiliki kemampuan "Rashoumon." Dia adalah salah satu anggota Port Mafia yang paling kuat dan berbahaya. Akutagawa memiliki pandangan “Social Darwinist” tentang dunia, yang berarti dia sangat yakin bahwa orang yang lemah harus mati dan memberi jalan kepada yang lebih kuat, kemudian memicu perilakunya yang kejam.

Pada kenyataannya, Ryūnosuke Akutagawa adalah seorang penulis Jepang selama periode Taishō di Jepang. Dia dikenal sebagai “the Father of the Japanese short story.” Salah satu cerpennya yang paling terkenal, Rashoumon, menceritakan kisah pertemuan antara seorang pelayan dan seorang wanita tua di Rashōmon, tempat di mana mayat dibuang.

5. Nakahara Chuuya



Chuuya adalah salah satu Eksekutif Port Mafia dan mantan mitra Dazai. Dia adalah seniman bela diri yang sangat terampil dan suka berkelahi. Kemampuan dasarnya, “For The Tainted Sorrow,” memungkinkan Chuuya untuk memanipulasi gravitasi dari apapun yang dia sentuh.

Namun, kemampuan sejatinya adalah “Corruption,” yang memungkinkan untuk memanipulasi gravitasi lebih lanjut, meskipun ia tidak dapat mengendalikannya. Chuuya dan Dazai adalah sahabat yang setiap bertemu selalu diawali pertengkaran, kalau ada mereka berdua momen lucu pun tercipta.

Kenyataannya, Chūya Nakahara adalah seorang penyair Jepang selama periode Showa awal. Ada nyanyian yang diperlukan untuk mengaktifkan “Corruption” dan itu berasal dari bait dalam "Sheep Song," sebuah puisi oleh Chūya Nakahara yang asli.

6. Edogawa Ranpo



Ranpo adalah anggota Agen Detektif Bersenjata dan dikenal sebagai salah satu detektif terbaik di dunia. Meskipun Ranpo mengklaim memiliki kemampuan yang dia sebut "Super Deduction," dia sebenarnya memang sudah sangat cerdas. Ranpo membantah jika dia hanya seorang yang sangat cerdas dan tidak memiliki kemampuan spesial seperti yang lain, Ranpo terus percaya bahwa dia adalah seorang pengguna kemampuan.

Di anime, Ranpo memiliki sifat yang polos seperti anak-anak, berbanding terbalik dengan usianya, dia bahkan tak tahu cara naik kereta. Hidupnya pun penuh dengan camilan, meski begitu semua anggota ADA sangat sopan pada Ranpo.

Kenyataannya, Tarō Hirai, yang lebih dikenal dengan nama pena Edogawa Ranpo, adalah seorang penulis Jepang yang merupakan bagian integral dari perkembangan fiksi misteri Jepang. Banyak dari novelnya yang melibatkan detektif pahlawan dan dia mendapat inspirasi dari penulis misteri Barat seperti Sir Arthur Conan Doyle.

7. Kyouka Izumi



Kyouka adalah anggota terbaru dari Agensi Detektif Bersenjata dan sebelumnya bekerja untuk Port Mafia. Dia selalu memakai kimono dan meskipun belajar untuk lebih memegang kendali, dia masih kurang empati dan akan membunuh jika dianggap perlu. Kyouka memiliki kemampuan "Demon Snow," yang memungkinkannya untuk mewujudkan hantu yang memegang pedang yang dikenal sebagai Demon Snow.

Pada kenyataannya, Izumi Kyōka, yang bernama asli Kyoutarou Izumi, adalah seorang penulis Jepang selama periode sebelum perang. Karya-karyanya meliputi novel, cerita pendek, dan lakon kabuki. Dia percaya pada supernatural, sesuatu yang muncul dalam karyanya karena dia terkenal karena kisah supernatural.

8. Fyodor Dostoyevsky



Fyodor Dostoyevsky adalah pemimpin organisasi kriminal, the Rats in the House of the Dead. Fyodor cerdas, manipulatif, dan serba jahat. Kemampuannya, “Crime and Punishment,” sangatlah kompleks. Ini mengisyaratkan bahwa itu memungkinkan Fyodor untuk membunuh seseorang dengan satu sentuhan, namun, seluruh kekuatan kemampuan dan cara kerjanya belum terungkap.

Kenyataannya, Fyodor Mikhailovich Dostoevsky adalah seorang novelis dan filsuf Rusia. Terutama, karyanya mengeksplorasi psikologi manusia di Rusia abad ke-19, yang melibatkan berbagai tema filosofis dan religius. Salah satu karyanya yang paling terkenal, "Crime and Punishment," berfokus pada stabilitas moral dan mental seorang mantan siswa miskin di Saint Petersburg yang menyusun rencana untuk membunuh seorang pegadaian yang korup dan mencuri uangnya.

9. Ogai Mori



Ogai Mori adalah pemimpin Port Mafia. Dia adalah seorang ahli strategi yang sangat baik tetapi juga memiliki kepribadian yang kejam dan tanpa ampun. Kekejamannya tidak datang tanpa alasan, dia selalu mempertimbangkan pro dan kontra dari pilihannya sehingga Port Mafia dapat berkembang. Kemampuannya, "Vita Sexualis", memungkinkannya memanggil Elise, seorang gadis muda. Mori dapat memanipulasi kepribadian Elise serta kemampuannya.

Pada kenyataannya, Letnan Jenderal Mori Rintarō, yang dikenal dengan nama pena Mori Ōgai, adalah salah satu penulis terkemuka selama periode Meiji. Vita Sexualis adalah novel yang ditulisnya dan dilarang edar tak lama setelah dirilis karena konten eksplisit. Pemeran utama wanita dalam cerita pendeknya yang terkenal, The Dancing Girl, bernama Elise.

10. Yukichi Fukuzawa



Fukuzawa adalah pemimpin Agen Detektif Bersenjata, dia selalu terlihat mengenakan yukata hijau dan haori hitam (jaket gaya kimono sepanjang paha tradisional Jepang, biasa dikenakan oleh pria). Kemampuannya, "All Men Are Equal," memungkinkan untuk menekan kemampuan orang-orang di Agen Detektif Bersenjata.

Menurut Dazai, ini mampu membuat seseorang yang menjadi anggota ADA bisa dengan baik mengendalikan kemampuan. Namun, syaratnya harus lulus 'ujian masuk' (yaitu mereka harus menampilkan nilai yang sesuai dengan Agensi dalam situasi berbahaya) untuk berada di bawah kisaran kemampuan. Atsushi dan Kyouka yang semula tak bisa mengendalikan kemampuan mereka, setelah bergabung akhirnya bisa dikendalikan.

Yukichi Fukuzawa yang asli adalah seorang penulis, guru, penerjemah, pengusaha, jurnalis, dan pemimpin yang mendirikan Keio University, Jiji-Shinpō (surat kabar) dan Institute for Study of Infectious Diseases.



Sebenarnya masih banyak nama karakter dalam anime Bungo Stray Dogs yang terinspirasi dari penulis asli, seperti; Ango Sakaguchi, Sakunosuke Oda, Kenji Miyazawa, Francis Scott Key Fitzgerald, Akiko Yosano, Yumeno Kyuusaku, dan nama karakter-karakter lain baik itu protagonis atau antagonis.

Anime ini sangat menarik, pencinta sastra dan anime seperti saya sangatlah suka dengan Bungo Stray Dogs. Karakter favorit saya adalah Osamu Dazai. Dia sangat berbahaya dan sadis ketika jadi anggota Port Mafia, tapi setelah kematian sahabat baiknya, Dazai pun berubah. Saat di Port Mafia, ia adalah guru bagi Akutagawa dan ketika di Agen Detektif Bersenjata, Dazai adalah gurunya Atsushi. Akhirnya kecemburuan sosial tumbuh di hati Akutagawa yang sangat mengidolakan Dazai.

Kalau kamu sudah menonton animenya, siapa karakter favoritmu?

 

No comments

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia