Waspada, Ini yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan Saat Traveling ke Luar Negeri

sumber gambar: freepik.com

Apakah kamu merencanakan perjalanan ke luar negeri setelah pandemi? Jika benar, maka harus dipersiapkan dengan matang terutama masalah kesehatan dan kelengkapan dokumen penting.


Liburan ke luar negeri memanglah menyenangkan, apalagi jika bersama keluarga atau teman, semakin membuat momen tersebut tak terlupakan. Namun, tetap harus waspada supaya tak terjadi hal buruk.

Berikut ini beberapa hal yang boleh kamu lakukan dan tidak boleh dilakukan ketika jalan-jalan ke luar negeri, semoga bisa membantumu menghindari hal-hal yang tak diinginkan yaa.

Boleh Dilakukan


1. Waspadai lingkungan di sekitarmu, dan perhatikan orang atau kendaraan yang mencurigakan.

2. Gunakan pengganti uang tunai seperti cek perjalanan atau kartu kredit, dan bawalah uang secukupnya atau sebanyak yang kamu butuhkan. Jangan berlebihan.

3. Kunci barang-barang berhargamu yang tidak akan dibawa, bisa di dalam brankas kamar atau gunakan layanan brankas hotel untuk menyimpannya, dan kunci jendela dan pintu kamar hotel saat keluar.

4. Catat nomor paspormu; jika hilang atau dicuri, mengetahui nomor tersebut akan mempercepat penggantian. Kamu bisa juga menyimpan salinan atau foto copy paspormu.

5. Catat nomor kartu kreditmu dan nomor telepon penting yang harus dihubungi jika kamu perlu melaporkannya dicuri dan membatalkannya.

6. Sebisa mungkin berpakaianlah dengan pantas untuk lingkungan di sekitar; terlihat lebih seperti orang lokal akan membuatmu lebih baik dan tidak mencolok.

7. Pasang stiker atau penanda di koper dan tas milikmu sebagai perlindungan dari pencurian saat dalam perjalanan; kunci koper bukanlah penghalang bagi pencuri profesional. Memasang penanda akan memudahkan pencarian.

8. Jika memungkinkan, jangan sendirian. Lakukan perjalanan dengan teman saat bertamasya atau berbelanja. Namun jika solo traveling, berbaurlah dan tetap hati-hati.

9. Jika menyewa kendaraan; sepeda, sepeda motor, atau mobil, berhati-hatilah saat menggunakannya. Selalu periksa sebelum dibawa jalan-jalan.

10. Waspada terhadap gangguan yang mencegatmu, seperti ada seseorang yang menabrak, menumpahkan minuman di bajumu, menjatuhkan sesuatu di hadapanmu atau menyebabkan keributan yang keras; kaki tangan pencuri dapat mencuri barang berhargamu dan pergi saat kamu sedang terganggu.

Tak Boleh Dilakukan


1. Jangan membawa dan menunjukkan uang tunai dalam jumlah besar, atau menukar uang di tempat yang tampak meragukan atau dengan orang di jalan.

2. Jangan berpakaian mencolok sambil kebingungan melihat peta di depan umum. Ini akan membuat orang berpikir kamu tidak tahu apa-apa dan mudah ditipu.

3. Jangan berjalan dengan tas yang digantung longgar di bahu, dan selalu letakkan tas di sisi berlawanan dari jalan guna mencegah pencuri bersepeda motor agar tidak merampasnya.

4. Jangan memakai ransel yang rusak atau mudah terbuka dan meletakkan barang berharga di dalamnya.

5. Jangan mengunjungi lokasi berbahaya, atau berjalan di daerah asing, terpencil, dan remang-remang, terutama di malam hari.

6. Jangan tinggalkan barang berharga di tempat umum; seperti paspor dan dokumen penting lainnya, serta ponsel.

7. Jangan mengendarai mobil sewaan dari orang yang tidak jelas. Lebih tepatnya jangan asal menyewa kendaraan.

8. Jangan parkir sembarangan, parkirlah di tempat yang ditentukan dan tempat yang cukup terang, dan jangan asal memberikan tumpangan.

9. Jangan sembarangan dalam menyimpan kunci kendaraan, kunci rumah atau kunci kamar hotel.

10. Jangan pernah meninggalkan bagasimu tanpa pengawasan, bahkan untuk sesaat.

 

Baca juga: Rindu Traveling Melanda di Masa Karantina, Ini Solusinya


Well, itulah beberapa hal yang boleh dan tak boleh kamu lakukan saat traveling ke luar negeri. Jangan lupa nikmati dan abadikan perjalananmu! Tentu harus waspada, tapi bukan berarti tidak menikmati hari-hari selama dalam perjalanan yaa.

Dan yang paling penting jangan pernah membawa obat-obat terlarang, jangan terlibat dengan prostitusi, jangan menyelundupkan barang, dan sebagainya. Jadilah traveler yang baik dan patuhi aturan yang berlaku.


sumber: www.theactivetimes.com

No comments